SWAB - Salah seorang pegawai diswab antigen oleh petugas kesehatan yang standby di Kantor Bupati Sigi. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Setiap pegawai di lingkup kantor Bupati Sigi melakukan swab antigen seminggu sekali. Instruksi bupati itu guna memastikan tak ada pegawai yang terpapar Covid-19 saat bekerja.

“Sesuai instruksi bupati, semua pegawai di kantor bupati kita lakukan swab antigen seminggu sekali,” kata salah satu tenaga kesehatan (Nakes) yang standby di kantor Bupati Sigi, Jumat, 20 Agustus 2021.

Selain itu, kata dia semua tamu yang ingin bertemu bupati dan wakil bupati juga dilakukan swab antigen.

“Tamu yang hasil swabnya negatif akan diberikan kartu sebagai tanda, bahwa yang bersangkutan dinyatakan bebas Covid-19,” ujarnya.

Sebelumnya, Kabag Humas Setda Kabupaten Sigi, Ariyanto mengatakan, protokol kesehatan (prokes) di area Kantor Bupati Sigi, Desa Kotapulu Kecamatan Dolo diperketat.

“Sekarang semuanya harus menunjukan hasil swab negatif Covid-19. Nakes standby di kantor bupati,” kata Kabag Humas Setda Sigi, Ariyanto.

Dijelaskannya, hal tersebut dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, mengingat kasus Covid-19 di Sigi masih tinggi.

“Tamu masuk Kantor Bupati Sigi wajib membawa surat hasil rapid tes antigen atau swab test Covid-19,” ujarnya.

Diharapkan tamu maupun pegawai di lingkungan Setda Sigi untuk tetap menerapkan Prokes yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak.

Selain kebijakan swab antigen, pemerintah Sigi juga masih memberlakukan penyekatan di pintu masuk. Seperti yang tampak di perbatasan Sigi dan Kota Palu di Desa Tinggede, Kecamatan Marawola, Sabtu (21/8/2021), malam. Sejumlah  petugas yang pos tersebut menutup pintu keluar masuk mulai pukul 21.00. Diketahui, laporan total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sigi per 21 Agustus 2021 sebanyak 2.915 kasus. Terdiri dari sembuh 2.262 orang, meninggal 86 orang dan dirawat 567 orang.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi – Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas