Nasruddin L. Midu. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2021 tingkat kabupaten/kota kembali bergulir. Walau masih dalam masa pandemi, wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains ini tetap digelar.

Kompetisi Sains itu resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Palu, Nasruddin L. Midu, belum lama ini, secara virtual.

Nasruddin mengatakan, bahwa situasi pandemi saat ini tidak menjadi halangan dan mematahkan semangat para siswa peserta KSM tingkat Kota Palu untuk mengikuti ajang tersebut.

“Kita tetap harus mengikuti anjuran pemerintah melalui Surat Edaran Wali Kota Palu tentang PPKM, sehingga saat ini kita hanya bisa melaksanakan kegiatan ini secara virtual. Semoga tidak mengurangi semangat berkompetisi bagi para peserta KSM Kota Palu. Dan mari kita tetap menerapkan protokol kesehatan 5M,” ujarnya.

Selain itu Nasruddin juga berpesan, agar semua kepala madrasah (kamad), guru pembimbing, pembina, pengawas untuk terus memberikan pembinaan dan motivasi pada siswanya. Walaupun tahun ini pembelajaran masih dilakukan secara virtual.

“Kita harus mendorong, memberi suport dukungan ke mereka,” pesan Nasruddin.

Nasruddin megatakan, setelah nantinya dilakukan pengumuman juara, pihaknya juga berharap agar para Kepala Madrasah bisa terus mendorong para siswa juara untuk bisa lolos ke tahap KSM tingkat propinsi Sulawesi Tengah sampai ke tingkat Nasional.

“Siswa yang lolos itu bukan lagi atas nama madrasahnya, namun sudah membawa nama baik Kementerian Agama Kota Palu. Jadi kita harus dorong dan saling support,” tegasnya.

Peserta KSM tahun ini diikuti oleh siswa/siswi dari tingkat MI sebanyak 30 orang, tingkat MTS berjumlah 47 orang, MA berjumlah 30 orang. Total berjumlah 107 orang peserta yang diikuti oleh madrasah negeri dan swasta di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Palu.

Sesuai jadwal dari pusat, pelaksanaan KSM tingkat kabupaten/kota se-Indonesia diselenggarakan pada 21 sampai dengan 23 Agustus 2021. Dimulai hari pertama tanggal 21 besok ujian khusus tingkat MA, lanjut hari kedua ujian tingkat MTs, dan hari terakhir ujian untuk tingkat MI. Untuk hasil akhir KSM tingkat Kota Palu nantinya dapat diketahui melalui pengumuman tanggal 28 Agustus, pada laman website http://ksm.kemenag.go.id.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas