drg Herry Mulyadi. (Foto: Metrosulawesi/ Moh. Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Tarif tes PCR di Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Palu, mengikuti instruksi dari pusat lewat Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes), dengan nilai sebesar Rp525 ribu.

Demikian dikatakan Plt RSU Anutapura Palu, drg Herry Mulyadi, saat dihubungi Metro Sulawesi, melalui ponselnya, Jumat 20 Agutus 2021.

“PCR milik RSU Anutapura Palu berbeda dengan rumah sakit lain. Karena PCR yang kami miliki ini sesuai inisiatif kami sendiri, yang lain dibantu oleh Pemda,” kata Herry.

Menurut Herry, PCR Anutapura lalu diinisiatif dicari di Jakarta untuk kerjasama, sebab Reagen PCRnya khusus dibeli dari Jakarta.

“Olehnya itu RS lain sangat beryukur karena dibantu oleh Pemda, namun kami lalu itu mandiri. Jadi sekarang ini karena biayanya ditetapkan Rp 525 ribu, sehingga alatnya disubsidi oleh negara, makanya harganya tes PCR seperti itu, untuk itu perusahaan yang memberikan Reagen ke kita biayanya langsung di subsid negara, bukan ke kami lagi,” ungkapnya.

Herry mengatakan, sebelumnya harga tes PCR RSU Anutapura Rp 900 ribu. Dan harga itu sudah sedikit murah dibanding biaya tes PCR yang lainnya.

“Kemudian kita di RSU Anutapura melakukan tes PCR diprioritaskan untuk pasien, kami untuk sementara tidak terlalu melayani untuk pelaku perjalanan, karena kami lebih fokus ke pasien,” tegasnya.

Kata Herry, tes PCR yang dimiliki RSnya itu mengutamakan keselamatan pasien. Sehingga untuk riwayat perjalanan dinas silahkan ke tempat lain, RS Anutapura tidak begitu melayani.

“Jika misalnya ada yang ingin perjalanan keluar kota, bisa ke Maxima, Prodia, ada juga di Rungkit silakan ke sini, semuanya bisa melayani tes PCR,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas