Drs Viktor Tumonggi. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)
  • Proses Belajar Kembali Secara Daring

Poso, Metrosulawesi.id – Meningkatnya kasus Covid 19 di daerah ini  hingga  di keluarkannya Surat Edaran ( SE)  Nomor 56 Satgas Covid 19 Poso yang baru ditandatangani Bupati Poso 16 Agustus 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) Level Empat,  dimana ada 17 point penting dalam pencegahan penularan Covid 19 di Poso dan point pertama terkait pendidikan yang disebutkan, kegiatan atau proses belajar mengajar dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh atau secara daring.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Poso Drs Viktor Tumonggi, kepada wartawan Kamis 19 Agustus 2021 mengatakan, berdasarkan Surat Edaran ( SE) Bupati Poso sekaligus Ketua Satgas Covid 19, maka proses belajar mengajar di sekolah dilakukan secara daring atau online.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Poso  Viktor Tumonggi mengatakan, penetapan belajar daring tersebut sehubungan  dengan kasus Covid-19 yang masih terus meningkat.

“Dengan kondisi saat ini, secara umum kita sudah dapat gambaran bahwasanya terjadi peningkatan masalah covid,” kata Viktor sambil memperlihatkan SE Bupati Poso terkait PPKM Level Empat.

Menurut  Viktor, dengan kondisi begitu pihaknya harus mengambil sikap dan langkah tepat untuk menghindari permasalahan tersebut dan tetap mengacu pada regulasi dari pemerintah pusat.

“Di surat itu dijelaskan untuk kabupaten kota yang termasuk dalam PPKM Level Empat, pembelajarannya dilakukan secara daring, sementara untuk Kabupaten Poso setelah keluarnya SE PPKM Level Empat, maka segera Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menindaklanjuti serta meneruskan ke SP3 serta Kepsek PAUD TK,SD serta SMP baik negeri maupun swasta yang berada di Kabupaten Poso untuk melakukan pembelajaran jarak jauh atau daring,” tutur Viktor Tumonggi.

Lanjut  Viktor yang  baru mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun Pengabdian  sebagai ASN tersebut  mengatakan, dengan adanya regulasi tersebut  yang dikeluarkan pemerintah pusat soal  PPKM,  maka tentu pihaknya mengikuti ketentuan tersebut.

“Berdasarkan surat yang disampaikan kepada kami adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat Level Empat , Poso  masuk dalam Level Empat itu,” jelasnya.

Selain itu, prosesi belajar mengajar secara daring telah dilakukan ke tahap dua yang mulai dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu.

“Intinya kita masih menunggu petunjuk yang baru nanti diterbitkan, apakah itu diperpanjang atau tidak kita lihat nanti,” kata Viktor.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas