RAPAT - Bupati Sigi, Mohamad Irwan bersama Wabup Sigi Samuel Y Pongi saat membahas persiapan kerjasama Kartu Sigi Masagena berbasis ATM dengan Bank BNI secara virtual. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi akan meluncurkan terobosan baru yaitu kartu Sigi Masagena berbasis ATM sebagai pengganti kartu fisik yang sebelumnya digunakan oleh peserta untuk mendapatkan layanan di fasilitas kesehatan.

Adapun sasaran penerima Kartu Sigi Masagena adalah masyarakat yang berpenghasilan rendah atau tidak mampu yang tidak masuk dalam pembiayaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Demikian dikatakan Bupati Sigi, Mohamad Irwan kepada media ini usai pembahasan persiapan kerjasama Kartu Sigi Masagena berbasis ATM bersama Bank BNI yang merupakan mitra dari program tersebut, secara virtual, Selasa, 18 Agustus 2021.

Dijelasakan dalam rangka mendukung program layanan kesehatan mengalokasikan anggaran melalui Kartu Sigi Masagena sebesar Rp6 Miliar.

“Saat ini jumlah penerima Kartu Sigi Masagena sebanyak 4000 orang lebih, jumlah tersebut akan terus bertambah,” ujarnya.

Lanjut Bupati, Kartu Sigi Masagena bermanfaat dan dapat digunakan masyarakat memperoleh layanan kesehatan di setiap tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit.

Meski demikian, untuk masyarakat yang akan berobat ke rumah sakit harus ada surat rujukan dari petugas puskesmas. Kemudian untuk masyarakat Sigi yang memiliki Kartu Sigi Masagena dan akan berobat ke rumah sakit di Kota Palu, harus ada surat rujukan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Torabelo Sigi.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas