SIDANG - Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Donggala Lalu Moh Sandi Iramaya (tengah) dan dua anggota saat meminpin sidang perdana gugatan CLS, Kamis 19 Agustus 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Donggala Lalu Moh Sandi Iramaya mengatakan kasus gugatan CLS yang diadukan lima penggugat  terhadap 25 anggota DPRD jarang terjadi di Pengadilan Negeri Donggala.

“Baik perkara Nomor 17/ Pdt.G/2021/ PN DGL, antara penggugat Abdullah Yahya Cs vs Takwin Cs, kita mulai. Silakan kuasa hukum penggugat menyerahkan dokumen gugatan asli,” kata Ketua Majelis Hakim Lalu Moh Sandi Iramaya pada sidang Kamis 19 Agustus 2021.

“Kasus CLS ini jarang-jarang disidangkan di Pengadilan Negeri Donggala. Baik setelah ini kita masuk ke proses mediasi, silakan dua kuasa hukum penggugat dan tergugat untuk bertemu hakim mediasi ibu Ni Kadek, baik pengadilan kita tunda, silakan penggugat dan tergugat masuk ke proses mediasi,” tuturnya.

Setelah itu dua kusa hukum tergugat Hamka Akib, dan kuasa hukum penggugat Rahman Kasim memasuki ruang sidang berikutnya untuk mengikuti proses mediasi yang dipimpin oleh Hakim Ni Kadek Susantiani SH,MH.

“Maaf pak untuk teman-teman media, karena ini proses mediasi, tolong di luar sebentar,” pinta Ni Kadek.

Kuasa hukum penggugat Rahman Kasim usai proses mediasi mengatakan, pihaknya akan menghadirkan lima penggugat perwakilan masyarakat pada Selasa 24 Agustus mendatang.

“Sesuai hasil mediasi majelis meminta kami menghadirkan lima penggugat pada sidang mediasi 24 Agustus menadatang,” sebutnya.

Hal senada diutarakan kuasa hukum tergugat Hamka Akib. “Majelis hakim meminta kami juga menghadirkan dua puluh lima anggota DPRD di proses sidang mediasi 24 Agustus mendatang”.

“Berdasarkan Perma Nomor 1 2006 tentang Mediasi asas mediasi wajib hadirkan para pihak tergugat dan penggugat, karena situasi pendemi proses sidang kami kuasa hukum meminta ke pengadilan anggota DPRD di kantornya saja (meeting zoom), tapi hakim minta dipertemukan perwakilan saja, ya mungkin perwakilan anggota DPRD  yang hadir 24 Agustus mendatang di sidang mediasi,” tuturnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas