DIES NATALIS VIRTUAL - Peringatan Dies Natalis ke-40 Untad secara virtual, Rabu, 18 Agustus 2021. (Foto: Istimewa)
  • Genap 40 Tahun

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) genap berusia 40 tahun pada Rabu, 18 Agustus 2021. Hari yang sama dilaksanakan peringatan Dies Natalis ke-40 Untad secara virtual guna memutus penyebaran Covid-19. Rektor Untad, Prof Dr Ir H Mahfudz MP, membeberkan capaian-capaian kampus terbesar di Sulteng itu.

Rektor menuturkan peringatan dies natalis dilaksanakan cara untuk merawat ingatan akan jasa-jasa yang telah ditorehkan para perintis berdirinya Untad. Tujuannya agar civitas Untad tetap semangat melanjutkan asa para pendahulu.

“Kita sepenuhnya sadar bahwa universitas ini pernah dicita-citakan lalu diperjuangkan. Universitas ini pernah dirintis hingga tumbuh dan berkembang seperti sekarang. Pada setiap fase pertumbuhan dan perkembangan itu, terdapat jejak karya dan pengabdian dari mereka yang pernah diamanahi menakhodai universitas ini. Tugas kita sekarang adalah melanjutkan cita-cita mulia para perintis dan pemimpin-pemimpin universitas terdahulu,” tutur Prof Mahfudz.

Selama empat dekade, lanjutnya, ada berbagai dinamika yang terjadi di Untad terlebih disaat pandemi seperti saat ini. Namun demikian, ia menegaskan Untad tetap harus memastikan penyelenggaraan pendidikan berlangsung sesuai dengan standard mutu yang baik meskipun dilakukan dengan mengadaptasi kebiasaan baru seperti sistem pembelajaran online. Rektor mengapresiasi keberhasilan Untad yang tetap mampu meraih berbagai prestasi meski diliputi bencana sejak gempa 2018 hingga saat ini dalam situasi pandemi Covid-19.

“Kita patut berbahagia, sebab dalam situasi yang sulit sejak bencana gempa bumi tahun 2018, yang berlanjut pada pandemi Covid-19, kita masih mencetak prestasi dalam berbagai hal. Sejumlah program studi berhasil memperoleh akreditasi A dan beberapa mahasiswa kita berhasil meraih prestasi yang gemilang, baik pada tingkat nasional bahkan internasional. Semua capaian ini berhasil kita peroleh berkat kerja sama, kerja keras, keikhlasan, dan ketekunan kita semua dalam menjalankan tugas dan amanah yang diemban,” ucap Rektor.

Dia berpesan, meskipun pandemi Covid 19 telah membatasi ruang gerak tapi pandemi juga telah memacu kreativitas untuk terhubung dengan sumber-sumber pengetahuan baru melalui pemanfaatan teknologi.

“Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Selalu ada cahaya di ujung terowongan dan selalu ada jalan keluar sepanjang kita gigih menghadapi berbagai kesulitan,” ujarnya.

Dalam kesempatannya, Rektor juga menyampaikan keprihatinan dan duka yang mendalam atas kepergian sejumlah rekan sejawat dan mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdiannya selama ini di Untad.

Peringatan Dies Natalis ke 40 Untad dihadiri segenap Civitas Akademika Untad melalui aplikasi zoom meeting. Nantinya, perayaan dies natalis ini akan tetap disemarakan dengan berbagai kegiatan lomba seperti tahun-tahun sebelumnya.

Untuk penyelenggaraan lomba tersebut masih menunggu situasi pandemi di Kota Palu membaik. Adapun Dies Natalis kali ini mengusung tema “Untad Tangguh Menghadapi Pandemi Covid-19 Untuk Tumbuh Mengemban Tri Dharma”.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas