KHIDMAT - Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-76 Tingkat Kabupaten Poso dengan Pembina Upacara Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang. (Foto: Istimewa)

Poso, Metrosulawesi.id – Seorang warga Poso,  Isa hanya bisa menitikkan air mata karena tak bisa menyaksikan dari dekat pelaksanaan upacara memperingati HUT  Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-76 di Alun Alun Lapangan Maroso, Poso, Selasa 17 Agustus 2021.

“Kami hanya ingin melihat anak-anak Paskibraka menaikkan bendera dan mereka begitu sempurna, namun apa daya dihalang aparat keamanan dengan alasan dilarang warga mendekat, keluar air mata kami saat semangat untuk melihat bendera merah putih dinaikkan, tapi kami tetap dihalau, tapi apa mau dikata sudah begitu aturan yang ditetapkan, soal kecewa pastilah  karena  upacara HUT Proklamasi hanya setahun sekali, oh sampai kapan derita Covid 19 sirna dari negeriku,” tutur Isa yang tidak bisa membendung air matanya.

Upacara Peringatan HUT  Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-76 Tingkat Kabupaten Poso dengan Pembina Upacara Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang berlangsung secara khidmat diikuti  peserta upacara dan tamu undangan  terbatas, hanya beberapa pasukan dari TNI/Polri serta Satuan Pol PP  dan Damkar Poso.

Jalannya Upacara diawali dengan peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus selama 1 menit ditandai bunyi sirene dari Mobil Unit Damkar. Sementara doa dalam upacara tersebut disampaikan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Poso H. Makmur Muh. Arief.

Berbeda dari tahun sebelumnya, penyerahan penghargaan atas tanda kehormatan satya lencana,  prestasi atlet Poso dan remisi para tahanan rutan Poso diserahkan secara langsung, namun pada HUT kali ini hanya disaksikan Bupati dan Wabup serta Forkopimda Poso. Upacara HUT Proklamasi Ke 76 kali ini,  juga warga  Poso  yang biasanya menyaksikan langsung dan mereka berada di seputaran Lapangan Maroso, namun penjagaan begitu ketat oleh Polisi, TNI bahkan Pol PP  dimana warga dilarang mendekat dan hanya menyaksikan dari kejauhan.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas