LATIHAN - Joshua, siswa SMPN 1 Palu saat mengikuti latihan menembak, belum lama ini di Palu. (Foto: Istimewa)
  • SMPN 1 Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Joshua Brilliant Uko, siswa SMPN 1 Palu yang duduk di Kelas VIII Tadulako, saat ini sedang melakukan persiapan mengikuti ajang Kejuaran Nasional (Kerjunas) Menembak yang diadakan oleh PB. Perbakin pada 17-22 Agustus 2021.

Kepala SMPN 1 Palu, Farida Batjo mengaku, walaupun saat ini masih dalam masa pandemi, namun siswanya tetap terus berupaya memberikan prestasi terbaik.

“Tentunya kami sangat apresiasi dan mensuport Joshua yang telah mewakili Sulteng, untuk mengikuti ajang Kerjunas Menembak tersebut,” kata Farida, melalui ponselnya, belum lama ini.

Kata Farida, semangat membara para siswa saat ini sangat tampak, sebab dalam keadaan pandemi ini mereka bisa melawan rasa takut itu sehingga dapat menciptakan prestasi.

“Persoalan target juara itu belakangan, yang terpenting saat ini bagaimana siswa kami menampilkan yang terbaik di ajang tersebut,” ujarnya.

Farida mengatakan, prestasi ini juga merupakan semangat siswa dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI ke 76 tahun yang jatuh pada 17 Agustus 2021.

“Semangat seperti inilah yang kami inginkan kedepannya, sehingga generasi penerus bangsa tidak goyang untuk menghadapi segala rintangan yang mereka hadapi nanti,” ungkapnya.

Selain itu, Farida juga memberikan apersiasi atas dukungan orang tua yang selama ini memberikan suport aktif kepada anaknya.Begitupun para guru yang selalu memberikan motivasi kepada siswanya, untuk tetap berkarya  di masa pandemi.

“Yang paling utama saat ini adalah menerapkan protokol kesehatan.Kita semua saat ini menghadapi cobaan yang begitu besar. Olehnya bagaimana kita menyikapinya dengan ikhtiar dan selalu berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir,” katanya.

Maka dari itu kata Farida, yang perlu diserukan saat ini adalah prokes tetap dijaga, dan prestasi selalu tetap lahir meskipun dimasa pandemi.

Sebelumnya, Kepala SMP Negeri 1 Palu, Hj. Farida Batjo juga mengaku bangga dimana sejumlah Alumni SMP Negeri 1 Palu yang kini menempuh pendidikan di luar Kota berhasil membuat dan menerbitkan sebuah karya sastra berbentuk buku kumpulan cerita pendek (cerpen) yang berjudul Secangkir Asa Berjuta Rasa, karya Abdul Muhti dan kawan-kawan.

“Buku hasil karya alumni Spensa Palu yang kini duduk di bangku kelas XII tersebut telah dipasarkan, kemudian hasil dari penjualan buku tersebut akan diberikan kepada para pasien Covid-19 di Kota Palu yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing,” kata Farida, di ruang kerjanya, belum lama ini.

Selain dipasarkan, kata Farida, buku tersebut sebagian disumbangkan sebagai referensi bahan bacaan, di Perpustakaan Spensa Palu.

“Hal tersebut merupakan bukti dan bentuk kepedulian para peserta didiknya kepada masyarakat Kota Palu yang sedang kesulitan akibat pandemi Covid-19, saya mengapresiasi kegiatan amal yang dilakukan oleh para Alumni dari sekolah ini, ” ujarnya.

Farida mengaku, sangat bangga dan dirinya begitu terkejut akan hal ini. Karena anak-anak alumni spensa saat ini datang membawakan hasil karya berupa buku karya mereka, dimana buku ini mereka sumbangkan beberapa untuk perpustakaan dan juga lainnya.

“Mereka jual kepada teman-teman dan kerabat mereka, dan hasil jualan tersebut akan dikumpulkan untuk diberikan kepada pasien Covid-19 yang menjalani isoman di rumah,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas