PASANG BANNER - Lurah Lolu Selatan, Sahdin (paling kiri) bersama Satgas Covid-19 setempat saat memasang banner imbauan prokes yang diperuntukkan bagi pelayat di rumah duka Jalan Tanjung Dako, Sabtu malam, 14 Agustus 2021. (Foto: Dok. Lolu Selatan)

Palu, Metrosulawesi.id – Kelurahan Lolu Selatan kembali melakukan validasi data hasil pemantauan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di kelurahan itu, Sabtu, 14 Agustus 2021.

“Dari validasi yang kami lakukan bersama Tim Tracer Kelurahan Lolu Selatan dan Tim Survailance Kota Palu jumlah terkonfirmasi positif hingga Sabtu kemarin yaitu data Tim Survailance Kota Palu mencatat 69 orang positif Covid-19 di Lolu Selatan sedangkan Tim Tracer Kelurahan Lolu Selatan mencatat 14 orang yang terkonfirmasi positif, jadi totalnya 83 orang,” ungkap Lurah Lolu Selatan, Sahdin melalui ponselnya Minggu, 15 Agustus 2021.

Sementara itu, kata sahdin, dari validasi hasil pemantauan pihaknya, ada 11 orang warga Kelurahan Lolu Selatan yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

“Yang dirawat di Rumah Sakit 5 orang,  yang terdata berdomisili luar  21 orang, tidak ditemukan 4 orang, selesai isoman 40 orang, dan hingga saat ini yang dalam pengawasan isoman berjumlah 11 orang,” ungkap Sahdin.

Selain itu, kata Sahdin, pihaknya juga pada Sabtu malam, 14 Agustus 2021, memasang banner imbauan prokes untuk pelayat duka di Jalan Tanjung Dako.

“Semalam waktu standby di Posko PPKM, kami menerima informasi duka dari warga. Rumah duka berada di Jalan Tanjung Dako. Saya bersama Satgas Covid-19 Kelurahan Lolu Selatan langsung menuju rumah duka tersebut dan memasang imbauan agar pelayat duka wajib memakai masker dan mematuhi prokes lainnya,” kata Sahdin.

Setelah pemasangan banner itu, kata Sahdin, pihaknya melanjutkan dengan patroli memantau aktivitas pelaku usaha cafe dan warung.

“Dari pantauan itu,  kami menemukan masih ada pelaku usaha cafe dan warung yang masih buka di atas jam 9 malam. Namun kami langsung memberikan imbauan secara humanis serta memberikan pemahaman tentang Surat Edaran Wali Kota Palu No.443/1785/Hukum/2021 dan Instruksi Wali Kota Palu No.8 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4,” jelasnya.

Sebelumnya pada Sabtu pagi, 14 Agustus 2021, kata Sahdin, pihaknya  juga melakukan pemantauan kinerja Kelompok Padat Karya. Pemantauan itu dilakukan agar Padat Karya selalu mengikuti arahan dalam mengelolah sampah yang dibersihkannya.

“Kami meminta kepada anggota Padat Karya agar sampah hasil kerja dikumpul dengan baik agar armada DLH mengangkatnya mudah,” kata Sahdin.

Lanjutnya, pihaknya  juga memantau volume sampah pada bebrapa TPS di wilayah itu.

“Kami memberikan teguran kepada pemulung agar sampah di dalam kontainer tidak dihambur di luar. Kami  juga menyampaikan kepada salah satu pemilik lahan agar membuat spanduk tanda larangan tidak membuang sampah yang bukan pada tempatnya, karena Satgas temukan hanya kurang lebih 30 meter dari TPS ada sampah liar. Kami pun meminta armada DLH segera mengangkut sampah itu, dan setelah bersih, Satgas K5 Kelurahan Lolu Selatan akan memasang spanduk larangan buang sampah. Lokasi TPS ini berada di Jalan Tanjung Seng samping pagar SMAN 2 Palu,” ungkapnya.

Reporter: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas