Ambotuwo. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Ada Guru Positif, Sekolah Harus Tutup

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ambotuwo mengimbau, seluruh sekolah di Kota Palu untuk memperketat protokol kesehatan (prokes) selama masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), karena saat ini Kota Palu sudah sangat rawan dengan penyebaran Covid-19.

“Penerapan prokes tersebut sangat penting karena untuk bisa menjaga seluruh guru agar tidak terkena penyebaran Covid-19. Pemerintah juga meminta agar seluruh sekolah untuk aktif melaporkan kondisi para gurunya masing-masing. Jika ada guru yang terkonfirmasi, maka sekolah harus ditutup untuk beberapa waktu sesuai dengan aturan dari pemerintah,” kata Ambotuwo, di Palu, belum lama ini.

Ambotuwo mengaku, sudah mengimbau kepada seluruh sekolah untuk bisa menerapkan prokes dengan baik selama penerapan PPKM.

“Sekolah merupakan salah satu tempat yang sangat rawan penyebaran Covid-19, sebab disana ada aktifitas para guru selama PPKM, makanya sekolah harus bisa berhati-hati selama penerapan PPKM,” ujarnya.

Ambotuwo menilai, seluruh sekolah telah lengkap dari segi sarana prasarana untuk penerapan prokes.

“Sekolah sudah membuat seluruh fasilitas yang ditentukan pemerintah, salah satu contohnya sekolah wajib menyiapkan tempat cuci tangan dan pengukur suhu badan, ” ungkapnya.

“Kami hanya berupaya agar seluruh sekolah tetap menjalankan aktifitasnya dengan baik, makanya perlu adanya penerapan prokes secara ketat,” katanya.

Sebab kata dia, hanya itu yang bisa dilakukan dalam mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. Sekolah juga harus bisa mengontrol para gurunya untuk tidak berkerumun, mereka harus tetap menjaga jarak. Ambotuwo berharap, agar pandemi bisa berakhir, sehingga seluruh sekolah akan kembali melaksanakan pembelajaran seperti biasanya, sebab saat ini seluruh siswa sudah sangat  rindu untuk bisa mengikuti pembelajaran di sekolah.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas