Ilustrasi. (Foto: Ist/ google.co.id)
  • Terbukti Bawa Sabu 42,43 Kg ke Wilayah Donggala

Donggala, Metrosulawesi.id – Majelis hakim pengadilan Negeri Donggala menjatuhkan hukuman seumur hidup terhadap terdakwa pengedar sabu 42,43 kg.

“Perkara pidana dengan Nomor Register 137/Pid.Sus/2021/PN Dgl atas nama Terdakwa Alfian Bin Abdul Rasyid, telah diputus oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Donggala melalui persidangan yang terbuka untuk umum pada hari Selasa tanggal 10 Agustus 2021, hukumanya seumur hidup,” kata Humas PN Donggala, Andi Aulia kepada wartawan, Kamis 12 Agustus 2021.

Andi menjelaskan kronologis tertangkapnya terdakwa Alfian bin Abdul Rasyid bersama dua rekannya Darwin bin jufri dan Asmar bin sahur.

Dikatakannya Alfian merupakan nahkoda KM Sejahtera, sedangkan Darwin bin Jufri dan Asmar bin Sahur adalah ABK-nya (anak buah kapal). Ketiganya ditangkap oleh Tim BNN pada 10 Januari 2021 di Perairan Selat Makassar.

“Di dalam Kapal Motor Sejahtera milik terdakwa ditemukan barang bukti narkotika jenis sabu total berat keseluruhan adalah 42,43 kilogram,” sebutnya.

“Narkotika jenis sabu tersebut dibawa oleh para terdakwa dari Pulau Bunyu, Kalimantan Utara menuju ke Desa Meli Kabupaten Donggala atas suruhan seseorang yang disebut ‘Bos Palu’ yang terlibat dalam bisnis narkotika dengan seseorang yang disebut ‘Bos Tawao’,” jelasnya.

Ditambahkannya Majelis Hakim PN Donggala yang diketuai hakim ketua Lalu Moh. Sandi Iramaya SH MH, dan dua anggotanya Andi Aulia Rahman SH, dan Arzan Rashif Rakhwada SH dalam persidangan memutuskan, menyatakan terdakwa Alfian Bin Abdul Rasyid telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana permufakatan jahat tanpa hak menjadi perantara dalam jual beli narkotika golongan I dalam bentuk bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 gram.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Alfian bin Abdul Rasyid dengan pidana penjara seumur hidup. Dalam pertimbangan hukumnya, Majelis Hakim menguraikan alasan-alasan pemberat pidana bagi Terdakwa Alfian bin Abdul Rasyid. Jumlah barang bukti narkotika jenis sabu yang dibawa oleh terdakwa sangat besar dengan total berat keseluruhan adalah 42,43 kg, sedangkan dua ABK-nya Darwin bin Jufri dan Asmar bin Sahur, divonis masing-masing selama 19 tahun penjara dan denda Rp5 miliar,” tutupnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas