PRIORITAS JEMBATAN - Wagub H Ma’mun Amir bersama para pejabat Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sulteng, Selasa 10 Agustus 2021 lalu. (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Berkunjung ke Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sulteng pada Selasa (10/8) lalu, Wagub H Ma’mun Amir menyinggung soal pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Sulteng.

Dia berharap pembangunan infrastruktur seperti yang sudah disampaikan Gubernur H Rusdy Mastura, menjadi perhatian instansi tersebut. Misalnya pembangunan infrastruktur untuk Kota Palu, Sigi, Donggala, Parigi Moutong , Tolitoli, Tojo Una Una, dan Morowali.

‘’Untuk Kabupaten Banggai prioritas adalah jalan Siuna-Boalemo dan kajian pembangunan jembatan Halimun Bangkep-Balut,’’ kata Wagub kepada Kadis Bina Marga dan Tata Ruang Sulteng, Syafullah Djafar.

Sekadar diketahui pembangunan jembatan Halimun isu kampanye pilgub Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir. Kata Ma’mun dengan adanya jembatan Halimun akan terbuka peluang investasi sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di kedua kabupaten itu.

Panjang jembatan Bangkep-Balut yakni 2,7 km, dan terbagi tiga bagian yakni jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama. Di bagian bawah jembatan juga dibangun pembangkit listrik tenaga arus, yang digerakkan 10 turbin sehingga menghasilkan listrik 20 MW, sehingga dapat memenuhi kebutuhan listrik di Bangkep dan Balut.

Hari itu Wagub juga berkunjung ke Dinas Pariwisata Sulteng. Wagub mengatakan promosi wisata yang dilakukan Dinas Pariwisata harus terus ditingkatkan. Selain itu perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai di lokasi wisata.

Wagub juga berpesan kepada Dinas Pariwisata Sulteng untuk efisien dalam mengelola anggaran. Mengurangi biaya perjalanan dinasuntuk belanja percepatan pembangunan, pengentasan kemiskinan dan pengangguran. (*)

Ayo tulis komentar cerdas