Fajarini. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu menegaskan kepada masyarakat bahwa dalam kepengurusan dokumen kependudukan seperti KTP Elektornik (KTP-el) tidak menggunakan persyaratan sertifikat vaksin.  

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Palu, Fajarini mengatakan, sertifikat vaksin bukanlah syarat untuk mengurus dokumen kependudukan.

“Memang pemerintah saat ini sedang menggenjot agar semua masyarakat divaksin, dengan tujuan penyebaran Covid-19 dapat teratasi. Namun untuk mengurus dokumen kependudukan tidak ada tambahan persyaratan dan ini telah ditegaskan dalam Surat Edaran Mendagri,” jelasnya.

Untuk itu, Fajarini berharap, masyarakat tidak terpengaruh dengan informasi di media sosial, sebab tidak semua informasi itu benar adanya. Sebagian informasi bisa dibuat-buat saja oleh orang-orang tidak bertangungjawab.

Perlu diketahui kata Fajarini, jika masyarakat melakukan vaksinasi itu persyaratannya harus ada KTP, sehingga tidak mungkin Disdukcapil memberikan syarat dalam mengurus KTP harus ada sertifikat vaksin. Sudah pasti masyarakat jadi bingung nantinya.

“Olehnya itu kami menegaskan Disdukcapil Palu terima semua masyarakat untuk pemenuhan pelayanan publiknya, dan kita tegaskan bahwa tidak ada itu menambah yang namanya persyaratan sertifikat vaksin,” imbuhnya.

Kata Fajarini, persyaratan mengurus dokumen kependudukan itu sangat jelas sesuai dengan Permendagri  108 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. 

“Saya berharap masyarakat Kota Palu tidak percaya dengan informasi yang beredar di media sosial, perlu kami informasikan bahwa Disdukcapil Palu memiliki media sosial. Jadi untuk informasi resmi kami bisa dibuka di Facebook, Instagram, bahkan Website juga kami punya,” ujarnya.

Fajarini  sekali lagi berharap, masyarakat jangan termakan hoaks, karena banyak isu-isu membuat masyarakat jadi malas mengurus dokumen kependukan. Padahal saat ini seluruh pelayanan publik sudah menggunakan dokumen kependudukan, dan jalan masuknya sudah menggunakan NIK.

“Jadi urus sendiri tanpa calo, kemudian di masa pandemi ini kami juga mempunyai layanan online. Jadi masyarakat tidak perlu lagi datang ke Disdukcapil, silahkan manfaatkan layanan online ini, sesuai jam kantor. Sekarang ini selain pengurusan KTP-el dan KIA, masyarakat bisa mencetak sendiri dokumen kependudukan lainnya seperti KK dan akte kelahiran menggunakan kertas HVS,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas