SWAB ANTIGEN - Suasana tes swab massal untuk jurnalis Palu, di Sekber atau Rumah Jurnalis Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Besusu Tengah, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Senin, 2 Agustus 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Muhammad Faiz Syafar)

Palu, Metrosulawesi.id – Puluhan pewarta berita di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah mengikuti tes rapid atau swab antigen Covid-19 secara massal. Kegiatan sukarela tersebut dilakukan di Sekretariat Bersama (Sekber) organisasi pers yakni AJI Palu, PFI Palu dan IJTI Sulteng Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Besusu Tengah, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Senin, 2 Agustus 2021.

Dalam giat itu, sebanyak 50 jurnalis di tes swab dengan tiga tahapan, dimulai sejak pagi dan berakhir siang hari.

Tes gratis itu terjalin atas bentuk solidaritas sesama profesi. Hal itu juga sebagai buntut 13 jurnalis terkonfirmasi positif terpapar virus corona dengan menjalani isolasi mandiri (isoman).

Dari hasil 50 swab itu, tiga orang menunjukkan hasil positif terjangkit Covid-19. Saat itu juga ketiga wartawan itu langsung melakukan isoman di rumah masing-masing.

Tak hanya itu, Sekber atau juga disebut Rumah Jurnalis memenuhi kebutuhan rekan profesinya yang menjalani isoman seperti logistik, makanan, buah, obat dan vitamin, serta oksigen setiap harinya.

Bantuan yang masuk dalam program Posko Covid-19 Rumah Jurnalis itu juga membuka donasi lainnya seperti uang dan barang jadi, untuk nantinya dibelanjakan serta diantarkan ke masing-masing jurnalis yang isoman. Sejauh ini, Posko Covid-19 Rumah Jurnalis Palu terus bersiaga di tengah lonjakan drastis virus mematikan itu. Mereka juga memantau dan kerap memenuhi kebutuhan jurnalis yang sementara isoman.

Reporter: Muhammad Faiz Syafar
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas