Bupati Morowali Utara (Morut) Delis Julkarson Hehi. (Foto: Istimewa)
  • Bupati:Pasien Isoman di Rumah Sulit Disiplin

Morut, Metrosulawesi.id – Bupati Morowali Utara (Morut) Delis Julkarson Hehi, Sabtu (31/7/2021) mengikuti Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di 21 Provinsi dan 45 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali.

Rakor yang dipimpin Menko Perekonomian Erlangga Hartarto tersebut diikuti sejumlah petinggi negara seperti Mendagri, Menteri Kesehatan, Menteri Perhubungan, para gubernur, dan bupati/walikota.

Begitu rakor secara online tersebut berakhir, Bupati Delis menegaskan pihaknya segera memberlakukan isolasi mandiri terpusat bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Berdasarkan hasil rakor tadi, beberapa daerah sudah melaksanakan isolasi terpusat. Kita akan lakukan di tingkat kecamatan,” jelas bupati yang juga seorang dokter tersebut.

Ia menjelaskan, warga yang positif Covid akan disatukan tempatnya agar gampang dikontrol. Sesuai fakta selama ini, kalau pasien isolasi mandiri di rumah sangat sulit disiplin, bahkan bisa menularkan virus tersebut ke penghuni rumah lainnya.

“Kalau mereka dipusatkan mudah dikontrol oleh petugas kesehatan kita. Isolasi terpusat ini kita akan lakukan di tingkat kecamatan,” jelasnya.

Isolasi mandiri terpusat di tingkat kecamatan tersebut mungkin bisa memanfaatkan sekolah. Sedangkan untuk tingkat kabupaten sedang disiapkan tempat yang lebih luas dengan beberapa pihak terkait.

Bupati Delis juga memastikan akan segera membentuk Satgas Oksigen dan Obat-obatan.

“Satgas ini mendesak dibentuk di tingkat kabupaten untuk memastikan suplai oksigen dan obat-obatan tercukupi,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan agar masyarakat tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan yakni, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan  membatasi mobilitas (5M).

Untuk kepentingan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid secara terpadu, Pemda Morut juga memperhatikan insentif petugas kesehatan, insentif petugas Pol PP dan petugas lainnya.

“Semuanya kami perhatikan, termasuk insentif juru masak dan cleaning service di tempat isolasi terpusat,” jelas Bupati Delis.

Reporter: Alekson Waeo
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas