PENGANTIN BARU - Silva Dianti dan suaminya Xavier Antonell Herms. Keduanya memutuskan menikah di Barcelona, Spanyol, pada Ahad 25 Juli 2021. Silva adalah wanita kelahiran Kota Palu yang sudah menetap di Barcelona. (Foto: Dok. Keluarga)
  • Disaksikan Keluarga Lewat Grup WhatsApp di Indonesia

HIKMAT dan sederhana. Demikian acara pernikahan seorang warga asal Kota Palu yang tinggal dan bekerja di Barcelona, Spanyol, Silva Dianti (40) dengan kekasihnya, Xavier Antonell Herms (46), Ahad 25 Juli 2021 siang waktu Spanyol, atau pukul 20.00 WITA, dengan mahar uang sebesar € 2.507,21. Jumlah mahar yang diterima Silva, sesuai dengan tanggal pernikahannya.

Lewat video conference grup WhatsApp (WA) keluarga mempelai perempuan yang tinggal di Kota Palu, Bandung, Jakarta, Surabaya dan Malang, menyaksikan prosesi ijab kabul yang dipimpin seorang penghulu berkebangsaan Arab di Spain Islamic Centre, Barcelona. Sebelumnya pernikahan secara sipil juga sudah dilaksanakan.

Pandemi Covid-19, yang telah terjadi secara global ini sejak awal 2020, telah meruntuhkan impian kedua mempelai untuk menggelar pernikahannya di Indonesia.

Pembatasan yang dilakukan Spanyol maupun Indonesia sejak tahun lalu, membuat rencana pernikahan tidak lagi dilaksanakan di Indonesia.

Sebagai gantinya, pernikahan akhirnya dilaksanakan di Barcelona. Kendatipun hal itu tidak mudah, karena berbagai persyaratan administrasi pernikahan secara Islam, yang harus dipenuhi. Termasuk memastikan bahwa mempelai pria adalah seorang muslim.

“Bersyukur otoritas Islam di Barcelona banyak membantu kami, agar akad nikah ini bisa berlangsung,” terang Silva sebagaimana dikutip dari salah seorang kerabatnya.

Meski karena kondisi ini, tak mengurangi kebahagiaan kedua mempelai dan keluarganya. Ibu mempelai Perempuan, Sinir Mokodompis dan kerabatnya yang lain, dalam haru tak hentinya mengucapkan syukur.

“Congratulation, Silva – Xavi,” demikian ucapan kerabat, terdengar bergantian dalam video conference, setelah menyaksikan akad nikah.

“Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir. Semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warahmah aamiin….” ucap yang lain.

Rahmat Ernawan, salah seorang kakak laki-laki Silva juga sempat berpesan kepada sang ipar yang akrab dipanggil Xavi untuk menjaga adiknya dengan baik.

“Dia adik perempuan kami satu-satunya. Tolong dijaga dengan baik,” tegasnya.

Silva adalah anak bungsu dan satu-satunya perempuan dari lima bersaudara pasangan Sinir Mokodompis dan almarhum H. Basmi Papeo.

Sebelum tinggal di Barcelona, Silva sempat menjadi pramugari Singapura Airlines dan bekerja di sebuah hotel bintang lima di Bali.

Tatkala bekerja di Bali itulah, Silva bertemu dengan Xavi. Setelah berkenalan beberapa saat dan menjalin hubungan jarak jauh, Silva yang lulusan Bahasa Inggris di sebuah perguruan tinggi di Malang, memutuskan pindah ke Barcelona, setelah mendapatkan pekerjaan di sana, sekaligus mendalami Bahasa Español dan Català.

Saat masih duduk di bangku SMA di Palu, Silva juga dikenal sebagai seorang model dan beberapa kali menjuarai event top model tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) maupun tingkat nasional. (din/*)

Ayo tulis komentar cerdas