Mulyono. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Peserta calon komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulteng Periode 2021-2025 mengikuti psikotes dan dinamika kelompok secara virtual, Selasa, 27 Juli 2021. Ketua Tim Seleksi, Mulyono, menerangkan psikotes dan dinamika kelompok diikuti semua peserta yang berjumlah 19 orang.

“Hasilnya akan diumumkan dua hari setelah nilai kami terima dari pskolog BKD,” terangnya.

Mulyono mengatakan nilai psikotes tidak menggugurkan peserta untuk mengikuti tahapan selanjuntnya. Namun hasil tersebut dipastikan tetap menjadi pertimbangan tim seleksi untuk keputusan akhir.

Selanjutnya, peserta akan mengikuti tahapan wawancara yang akan dilaksanakan pada 3 Agustus. Nantinya akan diakumulasi nilai-nilai yang ada dengan hasil wawancara masing-masing peserta.

Setelahnya akan dikeluarkan keputusan nama-nama peserta yang akan dikirim ke DPRD. Nama-nama yang dikirim tersebut akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

“Jumlahnya minimal 10, maksimal 15 orang, nanti timsel yang menentukan,” tandas Mulyono.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Timsel, Mulyono, mengungkapkan sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Ketua KI Pusat Nomor 4 Tahun 2016 Pasal 6 menjelaskan bahwa peserta yang dinyatakan lulus Tes Potensi berhak dan wajib mengikuti tahapan seleksi berikutnya yaitu seleksi Psikotes dan Dinamika kelompok.

“Pelaksanaan tahapan seleksi ini sendiri dilakukan setelah tahapan penerimaan saran dan masukan masyarakat selesai,” ungkapnya, Minggu, 25 Juli 2021.

Hasil saran dan masukan akan diumumkan paling lambat 2 hari setelah hasil tes diperoleh dan sifatnya tidak menggugurkan tetapi wajib menjadi bahan pertimbangan bagi Timsel.

“Pelaksanaan tes psikotes dan dinamika kelompok bekerja sama dengan Tim psikolog dari BKD Provinsi Sulawesi Tengah, jadi sangat berpengalaman dan integritasnya tidak perlu diragukan lagi,” jelas Mulyono.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas