BERI IMBAUAN - Tim Gabungan Pemerintah Kota Palu, saat memberikan imbauan kepada salah satu pelaku usaha di Kota Palu. (Foto: Humaspemkot)

Palu, Metrosulawesi.id – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Sulawesi Tengah sangat mengharapkan adanya dana bantuan sosial (bansos) harus dialihkan ke biaya operasional satgas penanganan covid-19.

“Seharusnya bansos dihapus atau dana tersebut dialihkan ke biaya operasional Satgas Covid setiap Kota/Kabupaten,” ujar Ketua DPD PHRI Sulteng melalui pesan Whatsapp, Senin (26/7/2021).

Menurutnya, bansos itu ibarat memberikan ikan kepada masyarakat dan bukan menawarkan kail. Apalagi, kata dia, biaya operasional pada operasi yustisi sangat terbatas sehingga tinggi pelanggaran prokes di masyarakat.

“Pelonggaran kegiatan masyarakat yang dibarengi dengan operasi yustisi yang intensif merupakan equilibrium antara PPKM dan produktivitas dunia usaha,” ujarnya menambahkan.

Ia menyebutkan bahwa bantuan sosial rawan terjadi penyimpangan mulai dari tender, distribusi sampai dengan penerima yang berhak. Sedangkan,  dana bansos yang dialihkan ke biaya operasi yustisi lebih mudah diawasi pemanfaatannya.

“Potensi penyimpangan biaya operasi yustisi¬† tetap ada, namun lebih mudah diaudit. Bahkan, operasi yustisi bukan lagi untuk menutup usaha namun pengawasan dan pembinaan. Potensi konflik masyarakat dengan aparat akan sangat kecil,” tuturnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas