SEMANGAT - Perjuangan tanpa kenal lelah dan bertaruh nyawa untuk kesembuhan pasien positif Covid-19 dilakukan tanpa memikirkan diri sendiri. (Foto: Ist/ Dok. Herry Mulyadi)

Palu, Metrosulawesi.id Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenga melalui Dinas Kesehatan, melaporkan perkembangan terbaru penanganan pandemi virus Corona (Covid-19), per hari ini Selasa 27 Juli 2021.

Dari release yang diterima Metrosulawesi.id, Selasa sore, tercatat adanya tiga rekor tambahan harian, baik positif, pasien sembuh maupun yang meninggal dunia.

Data pada Pusat Data Nasional (Pusdatina) Covid-19 Sulteng, positif Covid-19 kembali memecahkan rekor dengan tambahan kasus harian yaitu 620 kasus atau orang,  Kini total kumulatif orang terpapar virus Corona di Sulteng  mencapai 20.137 orang.

Rekor tambahan positif Covid-19 harian sebelumnya terjadi Kamis (22/7/2021) dengan tambahan 497 orang.  

Rekor juga terjadi pada kasus pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Kasus sembuh hari ini mencatat rekor yakni bertambah 228 orang, sehingga totalnya mencapai 14.767. Sedangkan rekor lainnya yakni jumlah kematian akibat terinfeksi virus Corona bertambah 23 sehingga kumulatif menjadi 564 orang.

Selanjutnya, jumlah kasus aktif yang kini menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan isolasi mandiri kini mencapai  4.806.

Sumber: Pusdatina Covid-19 Sulteng.

Sebaran tambahan pasien baru terinfeksi virus Corona, tersebar di seluruh daerah di Sulteng. Banggai mencatat sebagai daerah terbanyak tambahan pasien baru positif Covid-19 dengan jumlah 131 orang, di bawahnya ada Sigi dengan jumlah 90 orang, Toli-Toli 88 orang, dan Kota Palu bertambah 81 orang.

Berikutnya di Kabupaten Poso 72 orang, Parigi Moutong (Parimo) 31 orang, Morowali Utara (Morut) 26 orang, Morowali dan Banggai Kepulauan (Bangkep) masing-masing bertambah 20 orang. Di Kabupaten Buol ada tambahn 18 orang, Banggai Laut (Balut) 17 orang, serta Donggala dan Tojo Una Una bertambah masing-masing 13 orang.

Kasus pasien sembuh dari Covid-19, Banggai kembali penyumbang terbanyak pasien sembuh yakni 60 orang, disusul Poso dengan tambahan 58 orang, dan Sigi 47 orang sembuh dari Corona.

Di Kota Palu dilaporkan ada 34 pasien yang sudah bebas dari virus Corona, di Kabupaten Morowali ada 23 pasien sembuh, Buol empat orang, serta Tojo Una Una dan Balut masing-masing bertambah satu pasien sembuh.

Sebaran pasien Covid-19 yang tutup usia, terbanyak terdapat di Kabupaten Toli-Toli sebanyak 12 orang, disusul berturut-turut Morut dan Banggai masing-masing tiga orang, Poso dua orang, serta Kota Palu, Tojo Una Una dan Morowali masing-masing melaporkan satu pasien Covid-19 meninggal dunia.

Pada kesempatan yang sama Pemerintah Sulteng menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar jangan kendor dalam mematuhi dan menerapkan Prokes 5M, yakni;

1. Memakai Masker

2. Mencuci Tangan Pakai Sabun

3. Menjaga Jarak

4. Menjauhi Kerumunan, dan

5. Mengurangi Mobilisasi. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas