Issa Sunusi. (Foto: Metrosulawesi/ Yusuf Bj)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 17.852 Kepala Keluarga (KK) terdampak bencana alam 28 September 2018 telah menerima dana stimulan tahap 2 lanjutan 1.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, sebagai instansi pemerintah yang menangani bantuan tersebut telah mengucurkan ke rekening penerima di Bank Sulteng pada Jumat, 23 Juli 2021.

“Alhamdulillah sudah bertambah lagi warga yang berhak menerima stimulan (tahap 2 lanjutan 1) ini hari Jumat, dua hari lalu,” ucap Issa Sunusi, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Palu kepada Metrosulawesi dari sambungan telepon, Minggu, 25 Juli 2021.

Issa merincikan, 17 ribu lebih data itu terdiri dari kategori rumah rusak berat (RB) sebanyak 457 KK, diikuti 2.439 untuk rusak sedang (RS), dan rusak ringan (RR) di angka 14.956.

Dia menuturkan, angka itu berasal dari data induk penerima stimulan tahap 2 lanjutan 1 milik BPBD Kota Palu sebesar 17.563 KK.

Adapun angka ujung yang lebih dari data induk di atas dijelaskan Issa bersumber dari data sebelumnya yang bermasalah tetapi diperbaiki warga, untuk kembali diajukan sebagai syarat menerima stimulan.

Issa pun menekankan bahwa pihaknya akan menyelesaikan dengan cepat atau sesegera mungkin sisa KK yang belum memanfaatkan bantuan uang tunai tersebut.

“Dengan niat tulus kami (BPBD Palu) berupaya semaksimal mungkin bisa menyelesaikan sisa KK yang belum menerima sebelum Oktober mendatang yang jadi batas waktu dari pemerintah pusat untuk dana stimulan ini,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, BPBD Kota Palu telah mencairkan dana stimulan kepada masing-masing KK di angka 15.900 tertanggal 6 Juni 2021, Senin pekan lalu.

Reporter: Muhammad Faiz Syafar
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas