Bold Riders dan Bolderhood Palu menyalurkan daging kurban kepada pengungsi di Huntara Dusun 3 yang terletak Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulteng. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Bencana gempa dan banjir bandang yang menimpa Kota Palu dan sekitarnya 3 tahun lalu masih menyisakan pilu. Masyarakat terdampak bencana masih mengungsi di Hunian Sementara (Huntara).

Melihat kondisi tersebut, anak motor yang tergabung dalam Bold Riders dan Bolderhood Palu berinisiatif untuk mengumpulkan donasi dalam momentum Idul Adha 1442 H. Tahun ini mereka berhasil menyumbangkan 1 ekor sapi dan 7 ekor kambing yang akan diberikan kepada pengungsi di Huntara Dusun 3 yang terletak Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi Sulawesi.

Setelah dilakukan penyembelihan pada Kamis (22/7/2021), komunitas motor tersebut bergegas untuk mendistribusikan paket daging kurban ke para pengungsi. Meskipun jarak lokasi penyembelihan dan Huntara lebih dari 100 Kilometer para komunitas tersebut tetap antusias untuk membagikan 119 paket kepada 90 KK yang tinggal di huntara.

Komunitas yang terlibat kegiatan amal ini adalah SIGI KING CLUB, GIVIC Indonesia, GCI pasigala, NRC Palu, Virus Palu, R-VIP, HCCP, FOI PALU, YR15CI PALU, BRC Palu, BMC Palu, JBI Tadulako, VIC Palu, M1RC, BCA Palu, CVC, AVMI, MANSTHINK PALU, Stundride Sulteng, dan Vijar Palu yang tergabung dalam Bold Riders Palu.

Arman Laapo selaku Kepala RT di Huntara Dusun 3, Desa Bangga menjelaskan bahwa bantuan daging kurban tersebut pertama kali mereka dapatkan sejak mengungsi di Huntara.

“Kami bersyukur teman-teman dari Komunitas Bold Riders peduli dengan kami sebagai pengungsi di Huntara. Ini merupakan pertama kalinya kami mendapat bantuan berupa daging kurban sejak terjadi bencana 3 tahun silam,” ujar Arman.

Bold Riders dan Bolderhood Palu menyalurkan daging kurban kepada pengungsi di Huntara Dusun 3 yang terletak Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulteng. (Foto: Ist)

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITABerbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’

Program sosial ini melibatkan sebanyak 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Namun, dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan.

Pembagian hewan kurban hasil inisiatif dari Kolaborasi KITA tahun 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh komunitas terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (rls/*)

Ayo tulis komentar cerdas