MERESMIKAN - Kepala Kejaksaan Tinggi Sulteng, Jacob Hendrik Pattipeilohy. SH. MH saat melakukan peresmian nama jalan di hunian tetap (Huntap) Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Kelurahan Tondo. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Tepat di Hari Bakti Adhyaksa ke-61, Jaksa Agung R. Soeprapto dicanangkan menjadi nama jalan di Hunian Tetap (Huntap) Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Kamis, 22 Juli 2021.

Dalam sambutannya, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulteng, Jacob Hendrik Pattipeilohy. SH. MH menjelaskan, R. Soeprapto merupakan Jaksa Agung RI yang ke empat, yang saat ini statusnya sebagai pahlawan nasional masih dalam proses.

“Dari penyusunan sejarah waktu itu tentang R. Soeprapto yang saat ini diabadikan sebagai nama jalan, beliau dikenal dengan julukan Bapak Kejaksaan. Walaupun hal tersebut bukan yang pertama,” jelasnya.

Lanjut dia, perjalan hidup R. Soeprapto adalah dimulai dari pergerakan struktur organisasi dan kelembagaan sampai pada semua tampilan Kejaksaan. Maka proses itu dasar untuk penetapan gelar sebagai Pahlawan Kejaksaan Republik Indonesia.

“Berkaitan dengan itu, kami berterima kasih kepada Pemerintah Kota Palu atas partisipasi yang telah diberikan melalui kegiatan ini. Ke depan, semoga kerjasama bisa terus terjalin baik sehingga dapat berkontribusi mendukung program pemerintah di seluruh daerah kabupaten/kota di Sulteng,” ucapnya.

R Soeprapto lahir di Trenggalek, Jawa Timur, 17 Maret 1896 dan meninggal di Jakarta 2 Desember 1964 atau pada usia 68 tahun. Dia adalah jaksa agung pada 1951-1959. Dia mengawali karirnya sebagai hakim diberbagai daerah.

“Meski ia tidak pernah sempat meraih gelar akademis (MR atau SH), namun sepak terjangnya di dunia penegak hukum membuktikan kepiawaian dan ketegasan yang terpuji,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid menyambut positif pencanangan  R Soeprapto yang merupakan pahlawan Kejaksaan sebagai nama jalan di Kota Palu. Pihaknya juga sangat mengapresiasi Kejaksaan yang banyak membantu mendorong program pemerintah.

“Kami berharap dengan adanya nama jalan ini, semoga kita semua bisa mengenang jasa dan perjuangan R Soeprapto sebagai pahlawan Kejaksaan. Tetaplah berkarya untuk bangsa serta menjadi penegak hukum demi keadilan di negeri ini,” ujar Hadianto.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas