TENDA DARURAT - Pihak RSUD Anutapura Palu menyiapkan tenda darurat untuk pasien aktif Covid-19. Penyediaan tenda darurat dilakukan lantaran kapasitas ruangan di RSUD Anutapura Palu sudah over kapasitas. (Foto: Ist/ Dok. RSUD Anutapura Palu)
  • Update Sulteng Rabu (21/7): 28- Positif, 119 Sembuh, 4  Meninggal, 3.211 Dirawat

Palu, Metrosulawesi.id Kasus positif virus Corona (Covid-19) di Sulawesi Tengah (Sulteng) bertambah 280 orang, Rabu 21 Juli 2021.   Dengan demikian, sejak pasien pertama diumumkan Maret 2020, kini total kumulatif terpapar virus Corona di Sulteng  sudah mencapai 17.560 kasus.

Dari jumlah total itu, sebanyak 13.858 dinyatakan sembuh (bertambah 119) dan 491 meninggal dunia (bertambah empat).

Adanya lonjakan jumlah harian pasien baru terpapar Corona, mengakibatkan ikut melonjaknya pasien aktif di Sulteng.

Artinya, kasus aktif di Sulteng per hari ini baik yang isolasi mandiri maupun menjalani perawatan medis mencapai 3.211,

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Sulteng yang tertera pada laman Pusat Data Nasional (Pusdatina) Covid-19 Sulteng,  selama 24 jam terakhir hingga pukul 16.00 WITA, hari ini, jumlah spesimen yang masih dalam proses pemeriksaan  di UPT Laboratorium Dinas Kesehatan Sulteng adalah 980 sampel..

Release update penanganan Covid-19 di Sulteng, yang diterima Metrosulawesi.id, Rabu sore, menyebutkan, Kota Palu terbanyak pasien baru terinfeksi virus Corona yakni 54 orang, disusul Kabupaten Banggai sebanyak 50 orang.

Sumber: Pusdatina Covid-19 Sulteng.

Adanya tambahan di atas 50 itu, membuat kedua daerah menangani pasien aktif Covid-19 di atas angka 500. Bahkan Kota Palu mencatat rekor dengan jumlah pasien aktif sebanyak 600 orang, sedangkan di Banggai tercatat 595 orang.

Akibat lonjakan pasien aktif di Kota Palu, RSUD Anutapura Palu over kapasitas dan terpaksa menangani pasien Covid-9 di dalam tenda darurat yang dibangun di halaman RSUD Anutapura Palu.

Kabupaten Poso melaporkan jumlah pasien baru Covid-19 sebanyak 45 orang, Morowali Utara (Morut) 41 orang, Sigi bertambah 34 orang, Donggala 23 orang, dan Toli-Toli bertambah 17 orang.

Berikutnya di Kabupaten Morowali bertambah delapan orang, Parigi Moutong (Parimo) dan Banggai Laut (Balut) masing-masing bertambah tiga orang, serta Banggai Kepulauan (Bangkep) ada tambahan dua pasien baru positif.

Pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh, terbanyak ada di Kabupaten Sigi dengan jumlah 42 orang, di bawahnya ada Morowali 16 orang, dan Tojo Una Una bertambah 11 orang.

Selanjutnya di Kota Palu tujuh pasien Covid-19 dinyatakan sembuh, di Banggai ada enam sembuh, Donggala dua orang, serta Bangkep satu orang sembuh dari Corona.

Kasus pasien Covid-19 dinyatakan meninggal dunia, hari ini bertambah empat orang, sehingga totalnya menjadi 491 orang. Kabupaten Banggai tercatat terbanyak pasien Covid-19 meninggal yakni tiga orang, dan satu pasien lagi tercatat sebagai warga Kabupaten Poso. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas