Home Hukum & Kriminal

Petugas Lapas III Parigi Gagalkan Penyelundupan Narkoba ke Dalam Lapas

BARANG BUKTI - Barang bukti berupa narkoba jenis shabu yang dtemukan petugas Lapas III Parigi, yang dibawa pelaku saat membawa barang ttitipan salah satu naraidana di dalam Lapas. (Foto: Ist/ Dok. Lapas Parigi)

Parimo, Metrosulawesi.id Upaya menyelundupkan narkotika jenis shabu ke dalam Lembaga Pemasyrakatan Lapas) III Parigi, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, digagalkan petugas Lapas, Kamis (15/7/2021).

Kepala Lapas III Parigi, Muh. Askari Utomo, membenarkan adanya upaya penghuni Lapas untuk menyelundupkan narkoba ke dalam Lapas. Namun, upaya itu dapat digagalkan petugas saat dilakukan pemeriksaan barang yang dibawa pelaku.

Diungkapkan Askasi Utomo, kronologis menemukan narkoba yang akan diselundupkan ke dalam Lapas, bermula Petugas Pintu Utama (P2U), sekitar puku; 15.40 WITA, memeriksa barang yang dibawa APU, warga Kelurahan Kampal, Kecamatan Parigi.

‘’Pelaku membawa barang titipan salah satu penghuni Lapas berinisial AC. Sebelum barang titipan diserahkan, petugas melakukan pemeriksaan barang-barang yang dibawa,’’ terang Askari Utomo, kepada wartawan, Jumat (16/7/2021).

Saat dilakukan pemeriksaan, lanjut Askari Utomo, petugas curiga terhadap salah satu barang yakni deodoran. Deodorant dalam kemasan sachet diperiksa dan ditemukan di dalamnya terdapat plastik berisikan kristal bening yang diduga narkoba.

‘’Salah satu barang yang dibawa, petugas mencurigai satu sachet deodorant. Dan ternyata benar kecurigaan petugas di dalam sachet itu terdapat plastik berisikan kristal bening,’’ jelas Askari Utomo sembari menambahkan, selain kristal bening, petugas juga menemukan satu butir pil  berbentuk matahari berwarna hijau muda.

Kepada petugas, APU mengaku barang yang dibawanya itu merupakan titipan atau pesanan salah satu narapidana berisial AC yang ada di dalam Lapas. Namun, setelah dilakukan interogai mendalam, barang narkotika yang ditemukan petugas ternyata milik AS, tapi pesanan barang menggunakan nama AC.

Dikatakan Kalapas III Parigi, upaya menyelundupkan barang-barang terlarang termasuk narkotika, dilakukan para pelaku dengan berbagai cara dan modus.          

Terlebih lagi, di masa pandemi saat ini, kunjungan tatap muka langsung ditiadakan sehingga pelaku melakukan dengan cara menyisipkan pada barang-barang pesanan para penghuni Lapas.

‘’Untuk  penyidikan dan pengembangan selanjutnya, kasus ini telah dilaporkan dan diserahkan kepada pihak Polres Parimo. Termasuk pelaku dan barang bukti yang ditemukan tugas sat dilakukan pemeriksaan di P2U,’’ tutup Askari Utomo. (*)

Reporter: Zulfikar

Ayo tulis komentar cerdas