Prosesi pemakaman dua jenazah DPO MIT di lokasi pemakaman umum Kelurahan Poboya, Palu. (Foto: Istimewa)
  • Pihak Keluarga Diminta Kooperatif Lakukan Uji DNA

Palu, Metrosulawesi.id – Dua jenazah teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) telah dimakamkan pada Rabu 14 Juli 2021 malam. Kondisi jenazah yang membusuk jadi kendala proses indentifikasi.

Setelah tiba di Rumah Sakit Bhayangkara Palu, Tim Disaster Victim Indentivication (DVI) telah melakukan autopsi. Selain itu, Tim Inavis Polda Sulteng juga telah mengambil sampel sidik jari kedua jenazah.

“Setelah dimandikan dan dikafani serta disalatkan di ruang instalasi jenazah Rumkit Bhayangkara, kedua jenazah dimasukkan ke peti mati yang sudah disiapkan untuk selanjutnya dibawa ke lokasi pemakaman umum Kelurahan Poboya Palu,” ungkap Wakasatgas Humas Ops Madago Raya AKBP Bronto Budiyono kepada Metrosulawesi, Kamis 15 Juli 2021.

Karena proses evakuasi yang memakan waktu hingga empat hari, menyebabkan kondisi kedua jenazah membusuk. Hal ini menyulitkan proses identifikasi untuk mengetahui identitas kedua jenazah. Sehingga diputuskan kedua jenazah segera dimakamkan.

“Prosedur identifikasi baik oleh tim DVI dan Inavis Polda Sulteng sudah dilakukan, Pihak Rumkit Bhayangkara Palu tinggal melakukan pengambilan sampel DNA dari keluarga kedua jenazah, sehingga kembali diharapkan kepada keluarga kedua jenazah untuk kooperatif untuk mendukung identifikasi kedua jenazah tersebut,” jelas bronto.

Dia menambahkan, apabila sampel DNA dari keluarga kedua jenazah sudah bisa diambil, hasil identifikasi berdasarkan uji DNA itu paling cepat dapat diketahui dalam kurun waktu enam hari.

“Identitas sampai saat ini blum bisa diketahui, masih mencari bukti pembanding dari kedua jenazah tersebut, baik melalui sidik jari maupun DNA,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua anggota kelompok teroris MIT tewas tertembak pada Minggu 11 Juli 2021 di Pegunungan Tokasa, Kabupaten Parigi Moutong, oleh tim Satgas Madago Raya.

Reporter: Tahmil Burhanuddin
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas