Branch Manager PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Palu, Handoko Prasetyo. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN Kantor Cabang Palu sangat merasa optimis terkait dengan penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) yang tentunya akan mencapai target.

“Geliat properti kurang lebih hampir 80% telah kami salurkan di Sulteng,” kata Branch Manager PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Palu, Handoko Prasetyo kepada Metrosulawesi saat ditemui di kantornya, Rabu (14/7/2021).

Bukan hanya Sulteng, bahkan ia mengaku penyaluran KPR Bank BTN Cabang Palu juga sampai menyasar wilayah Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat dengan penyaluran KPR di daerah itu baru sebanyak 700_an unit.

“Data mengenai jumlah target kurang lebih sekitar Rp141 miliar dan total keseluruhan ada 15 ribuan unit. Jadi untuk pencapaian KPR subsidi dan non subsidi presentasinya seperti yang saya katakan tadi 80%,” ujar Handoko.

Selain itu, pihaknya saat ini juga diminta oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk memberi dukungan terhadap masyarakat dan pembangunan ekonomi pascabencana alam 28 September 2018 lalu.

“Apalagi usai bencana alam melanda wilayah ini, banyak warga yang terdampak hingga sampai kehilangan tempat tinggal. Untuk itu kami diminta ikutserta dalam memulihkan kondisi ekonomi khususnya di bidang perumahan,” tuturnya.

Dijelaskan, memang perbankan termasuk BTN lebih sangat selektif memilih calon debitur. Sebab, kata Handoko, hal itu berdasarkan aturan yang berlaku dengan syarat tertentu bahwa pihaknya mengantisipasi agar tidak terjadi kredit macet.

“Upaya tersebut kita lakukan agar nantinya kedepan tidak ada kredit debitur yang macet. Sama saja dengan yang dulu aturannya dimana pemohon harus memiliki kemampuan untuk mengangsur setiap bulan sesuai tim analisa,” jelasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas