Singgih Budi Prasetyo. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 687 Kepala Keluarga (KK) penyintas bencana alam 28 September 2018 tercatat akan menerima hunian tetap (Huntap) Tondo III atau Talise Valangguni, Kelurahan  Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Data tersebut diperoleh Metrosulawesi dari mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, Singgih Budi Prasetyo, Senin, 12 Juli 2021.

Singgih mengatakan, angka calon penerima huntap itu merupakan data mutakhir hasil validasi pihak BPBD Kota Palu kurun waktu belakangan.

“687 KK itu data terakhir yang telah tercatat sekaligus tervalidasi,” ucap Singgih kepada Jurnalis Metrosulawesi di ruang kerjanya, Jalan Baruga, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Angka tersebut juga ditekankan pria yang sekarang menjabat sebagai Kadis PU Palu ini akan berubah seiring berjalannya progres pembangunan huntap. Namun dia belum ingin memastikan mulai kapan realisasi data tersebut sampai ke penerima.

Hal itu juga buntut problematika klaim sengketa lahan yang pernah terjadi di kawasan tersebut, pertengahan Juli 2020 lalu.

Tetapi Singgih menuturkan masalah tersebut bisa diatasi dengan cara baik, yang salah satu strateginya akan membuatkan kawasan Zero Poverty atau Nol Kemiskinan untuk masyarakat yang yang melakukan klaim lahan tersebut.

Dia pun enggan menyebutkan berapa jumlah masyarakat calon penerima kawasan Zero Poverty itu

“Siapa-siapa (jumlah penerima) itu hak prerogatifnya Pak Wali Kota Hadi ya. Jumlahnya saya no komen,” pungkas Singgih.

Lanjut dia, komitmen menangani progres pembangunan Huntap Talise Valangguni selanjutnya terajut jelas dan baik antar sektor.

“Yang pasti Pak Wali (Hadi) sudah setuju mengalokasikan lahan untuk kepentingan itu. Nanti kan ada saringannya siapa yang menerima itu, tim penyaringnya itu kan tentu Pak Wali Kota juga yang rumuskan,” tandasnya.

“Suasananya (penanganan) bagus. Saya begitu optimis progres masa rehab rekon di wilayah Talise Valangguni itu berjalan baik dan lancar,” tutup Singgih.

Reporter: Muhammad Faiz Syafar
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas