Verna Inkiriwang. (Foto: Istimewa)

Poso, Metrosulawesi.id – Sejumlah kantor di jajaran Pemkab Poso lengang. Menyusul sekira dua pertiga pejabat eselon II menjalani isolasi mandiri (Isoman). Agar pekerjaan kantor tetap berjalan, Bupati Poso Verna Inkiriwang minta pejabat tersebut bekerja dari rumah (work from home-WFH).

Pantauan Metrosulawesi, Selasa 13 Juli 2021, sejumlah kantor sepi alias lengang. Yang tampak terlihat berkantor, kemarin hanya Sekdakab Poso, Yan Edward Guluda dan Asisten III Nolly Tandawuja.

Informasi yang diperoleh koran ini, Wakil Bupati Poso M Yasin Mangun dinyatakan reaktif corona berdasarkan hasil tes PCR. Wabup bersama ajudan serta keluarga untuk sementara akan beraktivitas di rumah hingga semingguan ke depan.

Selain Wakil Bupati Poso, puluhan pejabat yang sebelumnya pernah beradaptasi atau kontak dengan orang nomor dua di Poso tersebut dilaporkan sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) di rumah.

Kepala Bagian Umum Setdakab Poso Darmanto sejak kemarin mengeluarkan imbauan yang sifatnya petunjuk dari Bupati Poso dr Verna Inkiriwang. Ada tiga point penting, yakni apel kerja untuk sementara dihentikan bagi seluruh instansi atau OPD, bagi semua pegawai yang telah melakukan kontak dengan Wakil Bupati Poso tiga hari terakhir, agar segera melakukan Isoman di rumah serta bagi pegawai yang melakukan kontak dengan Wakil Bupati Poso tiga hari terakhir, untuk selanjutnya memeriksakan diri di Puskesmas wilayah masing-masing.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Poso dr Taufan Karwur dikonfirmasi Metrosulawesi, Selasa 13 Juli 2021, membenarkan Wabup Poso reaktif atas kasus Covid 19.

“Benar Wakil Bupati Poso berdasarkan hasil tes PCR, bersangkutan dinyatakan reaktif dan untuk beberapa hari ke depannya yakni 10 hingga 14 hari ke depannya dimana tergantung gejala. Selain Wabup ada beberapa pegawai juga reaktif dan telah dilaporkan ke Bupati Poso,” katanya.

Salah satu pejabat dari puluhan pejabat setingkat eselon dua yang sedang menjalani Isoman di rumah yakni Sukimin SH MSi yang tak lain adalah Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD).

Saat dihubungi Metrosulawesi, Sukimin membenarkan dirinya pernah kontak dengan Wakil Bupati Poso tiga hari terakhir.

“Tetap melaksanakan tugas meskipun bekerja dari rumah, kita mendapat perintah untuk bekerja dari rumah dengan kondisi isolasi mandiri yang sebelumnya telah memeriksa kan diri di Puskesmas terdekat,” ujarnya.

Dikutif dari Dinas Kesehatan Poso, perkembangan kasus Covid-19 per Selasa 13 Juli 2021 di Poso total sebanyak 2.191 kasus. Pada hari Selasa terjadi penambahan sebanyak 291 kasus. Sementara tingkat kesembuhan dari Covid di Poso mencapai sebanyak 1.832 atau sekira 83,6 persen.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas