PECAH REKOR - Kawinkan Gelar Piala Eropa dan Liga Champions, Jorginho Lampaui Rekor 4 Legenda Italia. (Foto: Ist/ kolase)
  • Kawinkan Gelar Piala Eropa dan Liga Champions

London, Metrosulawesi.id Gelandang Tim Nasional (Timnas) Italia, Jorginho berhasil mengantarkan Gli Azzurri meraih gelar juara Piala Eropa 2020 usai mengalahkan Inggris melalui adu penalti pada Senin (12 /7 /2021). Tak hanya itu, ia juga mencatatkan rekor individu terbaru yang melampaui beberapa legenda Italia.

Dikutip dari akun Twitter Opta Paolo, Jorginho merupakan pemain kelima Italia yang berpartisipasi di Liga Champions dan Piala Eropa atau Piala Dunia di musim yang sama. Torehan serupa terjadi pada 27 tahun yang lalu yakni 1994.

Ya saat itu empat pemain legenda Italia yakni Daniele Massaro, Paolo Maldini, Demetrio Albertini dan Roberto Donadoni. Di tahun itu mereka menjadi penggawa Timnas Italia sekaligus  berada dalam satu klub yang sama yakni AC Milan.

Pada Liga Champions, mereka meraih gelar juara usai mengalahkan Barcelona dengan skor 4-0. Namun sayang mereka gagal mendapat hasil serupa di Piala Dunia Brazil 1994.

Mereka gagal juara setelah kalah dalam drama adu penalti. Saat itu, Massaro yang menjadi eksekutor terakhir tendangannya mampu ditepis kiper lawan.

Tren serupa kemudian diulangi Jorginho tahun ini bersama Italia dan Chelsea. Bahkan pemain berusia 29 tahun ini bisa dikatakan lebih baik karena juara pada kedua ajang tersebut.

Bersama Chelsea, mantan gelandang Napoli itu membantu perjalanan Chelsea memenangkan laga hingga partai final. Di partai puncak, Chelsea menang dengan skor 1-0 atas  Manchester City.

Bagi Italia, pemain yang lahir di Brasilini, telah membukukan sebanyak 34 kali pertandingan. Ia pun merupakan salah satu pemain kunci di tim Roberto Mancini mengarungi Piala Eropa 2020 ini.

Pemain berusia 29 tahun itu telah memainkan semua enam pertandingan di Piala Eropa tahun ini. Ia mencetak gol penalti yang menentukan dalam adu penalti semifinal melawan Spanyol di babak semi final.

Kini, di final, Jorginho tampil penuh sedari babak pertama. Hingga di drama adu penalty tendangan dia mampu ditepis namun tetap berhasil memenangkan pertandingan dengan skor \ akhir 3-2. (*)

Ayo tulis komentar cerdas