JUARA EROPA - Timnas Italia keluar sebagai juara Euro 2020 usai mengalahkan Inggris di final. Gelar ini sekaligus mengakhiri puasa gelar Italia di Euro sejak tahun 1968. (Foto: Ist/ Reuters)

London, Metrosulawesi.id – Italia meraih juara Euro 2020 dengan sempurna. Italia belum merasakan kekalahan di Euro 2020 hingga akhirnya juara.

Italia mengalahkan Inggris melalui adu penalti di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021). Kedua tim bermain imbang 1-1 pada waktu normal dan babak tambahan.

Inggris asuhan Gareth Southgate unggul cepat melalui sepakan Luke Shaw pada menit ke-2 setelah menerima umpan Kieran Trippier. Italia baru bisa menyamakan kedudukan melalui sontekan Leonardo Bonucci pada menit 67.

Berikut 5 fakta Italia juara Euro 2020 yang dikutip dari laman iNews.id;

1. Perpanjang Catatan Buruk Inggris

Timnas Inggris mencapai final Euro 2020 sebagai debutan. Final kali ini menjadi yang pertama bagi skuad The Three Lions setelah pencapaian terbaiknya di semifinal Euro 1968 di Italia.

Pada laga semifinal, Inggris kalah saat menghadapi Yugoslavia dengan skor 1-0. Sedangkan yang keluar sebagai juara adalah Italia yang mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2 0. Sementara Inggris menjadi juara ketiga usai menaklukkan Uni Soviet, di mana perebutan juara ketiga Euro masih diperebutkan.

2. Gelar Pertama Roberto Mancini di Level Timnas Italia

Roberto Mancini bukan pelatih tak berpengalaman. Dia kariernya sebagai juruk taktik sudah mentereng semenjak melatih sejumlah klub. Dia pernah mempersembahkan gelar juara Liga Inggris bagi Manchester City hingga Liga Italia untuk Inter Milan.

Pada 2018 silam, Mancini mengambil pekerjaan sebagai pelatih Timnas Italia. Kehadirannya datang setelah Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Mancini membuat Timnas Italia berbenah dan mempersembahkan gelar Euro 2020.

3. Bonucci Pencetak Gol Tertua di Final Euro

Italia tertinggal lebih dulu pada menit ke-2 melalu Luke Shaw setelah menerima umpangg Kieran Trippier. Italia baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-68 setelah terjadi kemelut di depan gawang Inggris, yang mampu dimaksimalkan Leonardo Bonucci.

Gol tersebut membuat Bonucci menjadi pemamin tertua yang mencetak gol di final Piala Eropa 2020. Leonardo Bonucci (34 tahun dan 71 hari), mengalahkan rekor sebelumnya Bernd Holzenbein pada 1976 (30 tahun dan 103 hari).

4. 34 Laga Tak Terkalahkan

Timnas Italia mengalami perubahan karakter pemainan sejak diasuh Roberto Mancini. Pendekatan Italia yang dulu sangat dikenal dengan catenaccio, atau lebih menitikberatkan pada pertahanan kurang digunakan Mancini.

Hasilnya, Timnas Italia asuhan Mancini lebih terbuka dan bermain dengan tempo lebih cepat. Meski begitu, Mancini tak melupakan karakter permainan Italia seutuhnya. Selama dilatihnya, Timnas Italia tak terkalahkan hingga 34 pertandingan sejak 2018 hingga akhirnya menang di final Euro 2020 melawan Inggris.

5. Gelar Kedua

Kemenangan Italia asuhan Roberto atas Inggris di Euro 2020 membuat mereka mengangkat trofi untuk kedua kali. Italia pertama kali meraih gelar juara Euro pada 1968.

Timnas Italia pada Piala Eropa 1968 mengalahkan Yugoslavia. Pada pertandingan pertama, kedua tim bermain imbang 1-1. Namun, pertandingan harus diulang karena saat itu belum ada aturan babak tambahn dan adu penalti. Pada pertandingan ulan, Italia menang 2-0 dan menjadi juara Piala Eropa 1968 di rumah mereka sendiri. (*)

Ayo tulis komentar cerdas