Munari. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) telah membuka pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) atau SPP untuk semester ganjil tahun akademik 2021-2022. Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) Untad, Munari, mengungkapkan pembayaran UKT dibuka sebulan mulai 1 samai 30 Juli 2021.

“Saya imbau mahasiswa bayar di ATM (anjungan tunai mandiri) agar tidak berkerumun di bank. Dan tentunya bisa bayar di malam hari serta tidak perlu berdesak-desakan,” ungkap Munari, Kamis, 8 Juli 2021.

Dia mengatakan telah meminta pihak bank yang bekerjasama dengan Untad dalam pelayanan UKT agar menyiapkan alur pembayaran melalui ATM. Tujuannya untuk mencegah kerumunan yang berpotensi menjadi penyebaran virus corona (Covid-19).

“Bank saya minta menempelkan alur pembayaran melalui ATM, termasuk di fakultas-fakultas,” ujar Munari.

Munari menyebut ada tiga bank yang digandeng dalam pelayanan pembayaran UKT mahasiswa Untad yaitu Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Bank Mandiri Syariah (BMS).

BNI melayani pembayaran UKT khusus mahasiswa FKIP, FISIP, Fekon, Fakum, FMIPA, Kehutanan, Kedokteran, dan Kesmas. Untuk BSI melayani mahasiswa Faperta, Fatek, dan Fapetkan. Sementara BMS hanya melayani mahasiswa teknik lingkungan.

“Untuk mahasiswa pascasarjana menyesuaikan dengan fakultas atau program studi,” kata Munari.

Bagi mahasiswa yang membayar UKT melalui ATM diingatkan memfotocopi struk pembayaran. Selanjutnya disahkan di pelayanan keuangan Untad sebagai bukti pembayaran UKT.

Dia mengimbau mahasiswa memanfaatkan waktu yang pembayaran UKT agar tidak menghambat proses perkuliahan. Sebab mengacu tahun-tahun sebelumnya sejumlah mahasiswa kerap terlambat dalam melakukan pembayaran UKT dengan berbagai alasan.

“Jangan menunggu akhir-akhir apalagi waktu perpanjangan pembayaran,” tandas Munari.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas