Lindon Lagamu ST,MT. (Foto: Istimewa)
  • Sudah Tiga Hari Air PDAM Tak Mengalir

Poso, Metrosulawesi.id – Pasokan air PDAM di wilayah Poso Kota Bersaudara sejak beberapa hari lalu bermsalah. Air tidak mengalir dan kalaupun mengalir tidak berlangsung lama.

“Sudah tiga hari ini air PAM tidak mengalir sama sekali. Kalau ingat ini sudah masuk musim hujan kok malah aliran airnya mati. Padahal rata-rata rumah yang ada di sini menggunakan PAM semua karena sumber air kami kan dari situ. Meskipun ada sumur, masih kering pascamusim kemarau beberapa bulan lalu,” ujar Sahrudin, warga kelurahan Kayamanya, kepada Metrosulawesi, Kamis 8 Juli 2021.

Hal senada juga disampaikan Merry yang menyayangkan dengan matinya aliran air dari PDAM. Sebab, warga sekitar sangat bergantung dengan air PAM tersebut.

“Rencananya kami beramai-ramai akan mendatangi kantor PDAM untuk menanyakan penyebab matinya aliran air ke rumah warga. Kami pakai PAM kan bayar juga dan kami juga tidak pernah telat membayar tagihan, tapi kalau begini pelayanannya ya, kami sangat kecewa,” ujarnya.

Dia juga menyayangkan sikap PDAM yang tidak menindaklanjuti laporan salah satu warga setempat yang sudah mendatangi kantor PDAM untuk menyampaikan keluhan warga pengguna jasa PDAM.

“Tadi pagi sih,orang yang dituakan di RT kami  sudah mendatangi kantor PDAM untuk menyampaikan keluhan kami, tapi sampai saat ini belum ada penjelasan maupun langkah dari PDAM,” katanya.

Sementara Bupati Poso dr Verna Inkiriwang atas keluhan warga terkait semakin krisis air bersih, melalui Poso Complain Center ( PCC) menjelaskan, kalau semua keluhan warga terkait PDAM akan ditindaklanjuti dan memerintahkan PDAM setempat untuk lebih memaksimalkan kinerja termasuk pendistribusian air kerumah warga tidak bermasalah lagi.

Terkait mandegnya distribusi air dari PDAM, Direktur PDAM Poso Lindon Lagamu ST,MT  saat dikonfirmasi kemarin membenarkan adanya kendala atau gangguan air bersumber dari PDAM.

“Memang saat ini ada kendala di beberapa ruas yang dilalui pipa air PDAM, ada perbaikan di sumber air di desa Tangkura dan kami terus melakukan perbaikan, kemungkinan tersumbat oleh dedaunan dan imtec lumayan jauh sekitar 5 km, sumber air Tangkura dan sumber air dikantor PDAM dipadukan untuk melayani kebutuhan air di Poso Pesisir dan wilayah Kota Poso,” tegas Lindon.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas