TERIMA KUNJUNGAN - Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura (tengah) foto bersama Area Head Bank Mandiri Palu Sulteng, Zuhri (kemeja putih) di ruang kerja gubernur, Kamis 8 Juli 2021. (Foto: Ist/ Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura meminta perbankan memberikan dorongan permodalan kepada masyarakat untuk berusaha, baik usaha kecil, menengah dan besar.

“Saat ini usaha udang paname memiliki potensi besar di Sulawesi Tengah. Saya minta Bank Mandiri bisa mendorong pemberian modal kepada masyarakat yang akan mengembangkan usaha tambak udang paname,” kata gubernur saat menerima kunjungan Area Head Bank Mandiri Palu Sulteng, Zuhri di ruang kerja gubernur, Kamis 8 Juli 2021.

Wilayah Sulawesi Tengah memiliki potensi pengembangan udang paname yang cukup besar.

“Wilayah Sulawesi Tengah berada pada garis pantai 6.600 Km jadi sangat berpotensi untuk pengembangan tambak udang Paname,” ujarnya.

Potensi udang paname saat ini sangat menjanjikan karena kebutuhannya sangat besar, pasarnya jelas China dan Korea.

“Kalau bisa kita produksi 200 ribu ton, sudah sangat pasti bisa mengangkat pendapatan masyarakat dan daerah. Dan kita berharap bisa dibangun industri udang di Sulawesi Tengah,” jelas gubernur.

Kedepan katanya, pemerintah akan melakukan terobosan untuk membuka akses pasar bagi produksi pertanian masyarakat sehingga NTP (nilai tukar petani) bisa meningkat.

“Saya katakan pemerintah harus berani untuk melakukan inovasi untuk mempercepat masyarakat untuk maju,” ujarnya.

Gubernur juga menyampaikan, daerah Sulteng memiliki tantangan besar karena dikelilingi delapan propinsi dan dua negara lain. Apalagi kedepan ibu kota negara akan pindah ke Kalimantan, sehingga pasar kita sudah lebih luas, hanya perlu kita membangun infrastruktur yang mendukung arus percepatan produksi masyarakat.

“Saya mengharapkan Bank Mandiri sebagai Bank yang kuat dapat mengambil peran untuk mempercepat pembangunan Sulawesi Tengah melalui dukungan permodalan kepada pengusaha,” pinta gubernur.

Area Head Bank Mandiri Palu Sulteng, Zuhri, berjanji akan mendukung program gubernur untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Zuhri mengatakan, Bank Mandiri di Sulawesi Tengah saat ini sudah memiliki 26 Cabang dan akan membuka cabang baru di Pantoloan.

“Kami berkomitmen mendukung untuk bermitra dari pendanaan dengan swasta untuk membuka usaha di Sulawesi Tengah baik usaha kecil, menengah dan besar. Kami siap mendukung,” kata Zuhri. (din/*)

Ayo tulis komentar cerdas