PENANGANAN REHAB - Bupati Donggala Kasman Lassa (kiri) bersama Bupati Sigi, Irwan Lapatta (tengah) dan Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid (kanan) mengikuti rapat soal percepatan rehab rekon di kantor gubernur, Senin 5 Juli 2021. (Foto: Adm. Pimpinan)
  • Gubernur: APBD Perubahan untuk Percepat Rehab Rekon

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura bertekad tahun ini mempercepat pelaksanaan rehab rekon dampak bencana 28 September 2018. Pemprov Sulteng membantu Pasigala (Palu, Sigi dan Donggala) sebesar Rp45,1 miliar untuk rehab rekon.

“Keputusan saya APBD-P Provinsi Tahun 2021 sepenuhnya untuk percepatan rehab dan rekon dampak bencana, Penanganan Covid dan mendukung percepatan Pemulihan Kondisi Poso,” katanya dalam memberikan arahan dalam rapat percepatan rehab rekon yang dihadiri sejumlah bupati/wali kota di gedung Pogombo kantor gubernur, Senin 5 Juli 2021.

Gubernur mengatakan, Pemprov Sulawesi Tengah bertanggung jawab penuh untuk percepatan rehabilitasi dan rekontruksi.

“Penyelesaian Masalah Untuk Percepatan Rehab dan Rekon sudah harus selesai akhir tahun 2021,” kata gubernur.

Gubernur meminta semua pihak jangan berlengah-lengah untuk percepatan penyelesaian rehab dan rekon.

Sebelumnya, ketiga Pemda: Pemkot Palu, Pemkab Sigi dan Pemkab Donggala mengajukan permohonan bantuan anggaran untuk mempercepat rehab rekon di daerah masing-masing. Besaran anggaran yang diminta itu beragam. Kota Palu meminta bantuan dana sebesar Rp27 miliar. Selanjutnya Donggala sebesar Rp12,1 miliar lebih. Dan Sigi sebesar Rp6 miliar. Total seluruhnya mencapai Rp45,1 miliar lebih.

“Usulan permintaan anggaran dari Wali Kota Palu, Bupati Sigi dan Donggala semua akan dipenuhi,” kata gubernur.

Gubernur meminta semua pihak bahu membahu, sesuai fungsi yang dimiliki agar mempercepat seluruh proses rehab dan rekon.

“Kita tidak boleh menari-nari di atas penderiataan rakyat,” ujar gubernur.

Terima Bupati Donggala

Usai rapat, Bupati Donggala Kasman Lassa dan jajarannya berkesempatan audiensi dengan Gubernur Rusdy di ruang kerja gubernur.

Pada kesempatan itu Kasman menyampaikan progres penyelesaian rehab rekon dampak bencana dan progres penangan Covid-19 di Donggala. Dia juga menyampaikan perkembangan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Donggala.

Bupati Kasman menyampaikan terimakasih atas dukungan dan bantuan dana untuk percepatan rehab dan rekon untuk Kabupaten Donggala.

Pada kesempatan itu, Gubernur Rusdy, meminta Bupati Kasman dan jajaranya agar percepatan rehab dan rekon untuk dapat dipercepat, dan juga penanganan bencana Covid agar ditangani dengan serius.

Gubernur juga menyampaikan, gagasannya untuk membangunan Donggala yang memiliki wilayah yang sangat strategis karena sangat dekat dengan Ibu Kota Negara Baru.

“Kita persiapkan Donggala sebagai kota penyangga Ibu Kota Negara Baru. Dan kita akan membangun sarana pelabuhan yang memadai untuk mendukung transportasi hasil pertanian masyarakat. Tujuannya Ibu Kota Negara Baru dan kita harus membuka jalur pelayaran Tawau, Tolitoli-Donggala,” jelas gubernur.

Kedepan katanya, Pemprov Sulteng akan memberikan bantuan setiap kabupaten dan kota sebesar Rp100 miliar.

“Kita harus berusaha meningkatkan pembangunan infrastruktur dengan baik, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan kita harus pastikan uang harus beredar di tengah tengah masyarakat,” pungkas gubernur. (din/*)

Ayo tulis komentar cerdas