ILUSTRASI - Suasana vaksinasi Covid-19 di Polres Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id Pemerintah Sulawesi Tengah (Sulteng) kembali mencatat rekor baru tambahan harian pasien  terkonfirmasi positif virus Corona (Covid-19), pada Selasa 6 Juli 2021.

Berdasarkan data yang di release Dinas Kesehatan Sulteng, Selasa  pukul 16.00 WITA, terjadi penambahan 107  kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Ini merupakan jumlah tertinggi kasus baru Covid-19 selama pandemi berlangsung sejak Januari 2021 hingga saat ini.

Dengan demikian, jumlah pasien yang terjangkit Corona  kini berjumlah 14.161  orang. Rekor tambahan pasien baru positif Covid-19 sebelumnya, terjadi Sabtu (2/7/2021) dengan jumlah 100 kasus.

Informasi tersebut disampaikan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 kepada Metrosulawesi.id  Selasa sore. Data tersebut juga bisa diakses melalui laman Pusat Data Nasional (Pusdatina) Covid-19 Sulteng, yang diperbarui setiap sore.

Sebaran tambahan pasien positif Corona di Sulteng, tersebar di 11 kabupaten dan satu kota. Hanya Kabupaten Banggai Laut (Balut) yang tidak ditemukan adanya pasien baru terinfeksi virus Corona.

Penambahan terbanyak masih terjadi di Kabupaten Banggai  dengan jumlah 38 kasus. Disusul Morowali dengan 11 kasus, Morowali Utara (Morut) 10 kasus.

Tiga kabupaten yakni Parigi Moutong (Parimo), Tojo Unauna dan Banggai Kepulauan (Bangkep) masing-masing bertambah sembilan kasus. Selajutnya Sigi tujuh kasus. Poso dan Kota Palu masing-masing bertambah empat kasus, Donggala tiga kasus, Toli-Toli dua kasus, serta Buol bertambah satu kasus baru.

Sumber: Pusdatina Covid-19 Sulteng.

Selain itu, data yang sama juga menunjukkan ada penambahan pasien Covid-19 yang sembuh sebanyak 12 orang dalam sehari. Dengan begitu, jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 kini berjumlah 12.856  orang.

Morowali menjadi kabupaten penyumbang tertinggi pasien sembuh yakni enam orang. Disusul berturut-turut Kota Palu dengan tambahan tiga orang, Kabupaten Sigi dua orang, dan Banggai bertambah satu pasien sembuh.

Kendati demikian, dalam periode yang sama terlihat masih ada penambahan pasien yang tutup usia. Ada tiga pasien Covid-19 yang meninggal dunia dalam sehari. Dengan demikian, pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Sulteng  kini mencapai 412 orang.

Dari tiga pasien meninggal akibat tertular virus Corona, dua diataranya adalah warga Kabupaten Banggai. Sedangkan satu pasien Covid-19 yang tutup usia lainnya, tercatat warga Kota Palu.

Dengan update data tersebut, kasus aktif Covid-19 di Sulteng  kini ada 893 orang. Kasus aktif adalah jumlah pasien positif Covid-19 yang masih menjalani perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri.

Kabupaten Banggai akhirnya mengeser posisi Kota Palu dalam jumlah penanganan pasien aktif positif Covid-19 yakni 210 orang. Kota Palu hari ini berjumah 189 orang, kemudian  Sigi dengan 100 pasien aktif, Morowali 98 orang, serta Parimo 72 orang.

Sementara itu, UPT Laboratorium Dinas Kesehatan Sulteng per hari ini Selasa (6/7/2021) masih memeriksa 642 sampel. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas