MEMBERI MOTIVASI - Kapolda Sulteng, Irjen Pol Drs Abdul Rakhman Baso meniup tungku yang apinya nyaris padam saat berada di salah satu Poskotis Operasi Madago Raya di Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso pada Sabtu 3 Juli 2021. (Foto: Dokumen Madago Raya)
  • Beri Pesan di Poskotis: Tetap Semangat dan Tingkatkan Kewaspadaan

Palu, Metrosulawesi.id – Kapolda Sulteng, Irjen Pol Drs Abdul Rakhman Baso meninjau langsung sejumlah Pos Komando Taktis (Poskotis) yang ditempati TNI/Polri untuk Operasi Madago Raya di Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso pada Sabtu 3 Juli 2021.

Kapolda memulai perjalanannya dari Poskotis Ops Madago Raya di Desa Tokorondo. Berbeda dengan kunjungan sebelumnya memakai helikopter Dauphin maupun kendaraan roda empat, kali ini orang nomor satu di Polda itu menggunakan sepeda motor trail mendatangi satu per satu pos sekat dan pos pengamanan daerah rawan (pamrahwan).

Didampingi sejumlah pejabat operasi dan pengawalan ketat oleh personel Satgas Madago Raya, Kapolda memacu kendaraannya diawali dengan melewati medan yang mendatar, mendaki, menyeberangi sungai dan gunung dilahapnya, karena naik motor merupakan bagian dari hoby-nya.

Pos Pamrahwan di Desa Tamanjeka, menjadi tujuan pertama yang dikunjungi, dimana personel di pos tersebut telah siap menyambut orang nomor satu di Polda Sulteng itu.

Kemudian satu persatu personel di pos sekat itu disalami sambil melihat situasi pos serta lingkungannya. Kapolda Sulteng juga menyempatkan memberikan bantuan sembako sembari memberikan motivasi dan mengingatkan anggota untuk meningkatkan kewaspadaan.

Kurang lebih satu jam kemudian, rombongan Kapolda Sulteng yang juga Penanggung Jawab Kebijakan Operasi (PJKO) Madago Raya bergeser menuju Pos Sekat atau Pos Kejar Tamanjeka, di pos tersebut personel Satgas Madago Raya dengan sigap menyambut perwira tinggi bintang dua di tubuh Polri itu dengan memberikan hormat dan salam.

Dari Pos ini Kapolda Sulteng memperoleh laporan perkembangan situasi dari Komandan Pos Brigadir Munawir.

“Tetap semangat dan tingkatkan kewaspadaan,” pesan Kapolda Sulteng kepada anggotanya.

Kapolda foto bersama personel Satgas Madago Raya. (Foto: Dokumen Madago Raya)

Selanjutnya rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pos Sekat TSM yang berjarak kurang lebih satu jam. Sesampainya di Pos yang dipimpin Sertu Juanda Manurung itu, Kapolda menyalami semua anggota Pos Sekat, sambil mengecek kondisi pos, Kapolda Sulteng juga menyempatkan diri merasakan tidur di ranjang yang terbuat dari kayu.

Tidak hanya itu saja yang dirasakan, naluri pasukannya juga mendorongnya untuk merasakan bagaimana anggotanya memasak, Kapolda Sulteng bangkit dan jongkok di depan tungku yang biasa digunakan untuk memasak, diambilnya potongan bambu sambal ditiupkannya ke bara api yang saat itu nyaris padam.

Kasatgas Humas Ops Madago Raya, Kombes Pol Didik Supranoto menerangkan tidak ada libur bagi Kapolda Sulteng untuk terus memikirkan strategi dan upaya memberikan semangat kepada anggota yang ada di pos-pos penyekatan di Poso.

“Keinginannya untuk segera menyelesaikan tugas operasi di sisa waktu yang ditargetkan Panglima TNI dan Kapolri, mendorong semangat Kapolda untuk terus memotivasi personil yang bertugas di lini terdepan,” kata Didik.

Kapolda mengunjungi langsung daerah yang menjadi basis kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

”Hari ini Kapolda Sulteng bersama beberapa pejabat operasi mendatangi tiga Pos di wilayah Tamanjeka, Poso, yang dikenal daerah rawan dan basis paham radikal, dengan menggunakan motor trail satu persatu pos dikunjunginya, selain untuk melakukan patroli sekaligus melihat dari dekat medan tugas anggota Satgas Madago Raya,” ungkap Kasatgas Humas, Sabtu 3 Juli 2021.

Kasatgas Humas mengungkapkan bahwa tidak ada pos-pos Satgas Madago Raya yang berada di Kabupaten Poso, Kabupaten Parimo dan Kabupaten Sigi yang tidak dikunjungi.

“Semua pernah didatangi untuk mengecek kondisi, memberikan bantuan sembako serta memberikan motivasi anggota yang bertugas,” pungkasnya. (din/*)

Ayo tulis komentar cerdas