TABUR BENUR - Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (kedua dari kiri) menabur benur udang Vaname di kolam milik Kelompok Budidaya Udang PT Aquakultura Prima di Desa Sejoli Kecamatan Moutong, Ahad 4 Juli 2021. (Foto: Adm. Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura melakukan kunjungan ke Parigi Moutong (Parimo) pada Ahad 4 Juli 2021. Didampingi Wabup Parimo, Badrun Nggai, gubernur menabur benur udang Paname di kolam Kelompok Budidaya Udang PT Aquakultura Prima di Desa Sejoli Kecamatan Moutong.

Di hadapan gubernur dan rombongan, Heri Handoyo dari PT Aquakultura Prima mengatakan, investasi Kelompok Budi Daya Ikan PT Aquakultura Prima dilakukan dengan berkerjsama masyarakat.

“Biaya sepenuhnya ditanggung perusahaan, dan dilakukan kerjasama bagi hasil dengan masyarakat,” kata Heri. 

Dari 250 hektar okasi tambak, yang dikelola baru 40 hektar. Yaitu berkapasitas 30 kolam. Saat ini dalam pengembangan sebanyak 28 kolam dengan investasi mencapai Rp70 miliar. Kedepan akan ditambah senilai Rp60 miliar.

“Investasi ini dibuat dengan metode yang ramah lingkungan. Hasil limbah  tambak akan diolah menjadi pupuk organik dan akan didistribusikan kepada  masyarakat,” jelas Heri.

Kedepan kata Heri, PT Aquakultura Prima akan membangun halipad untuk kebutuhan tamu-tamu yang akan mengunjungi lokasi PT. Aquakultura Prima. PT. Aquakultura Prima  juga akan bekerja sama dengan IPB Bogor untuk pengembangan tambak indor dalam ruangan, dengan sistem super intensiv. 

“Kami mohon bantuan bapak, untuk meningkatkan kapasitas listrik dan mengawasi masyarakat di sekitar tidak melakukan bom untuk menangkap ikan karena kedepan bisa mengganggu bududaya,” pinta Heri. 

Heri mengatakan, pihaknya akan memperluas investasi di Luwuk yaitu di Toiba melalui PT Toiba Marindo Lestari di atas lahan seluas 400 hektar.

Gubernur Rusdy, menyampaikan dengan potensi yang ada kita harus mampu memprokduksi 200 ribu ton udang paname.

“Kita memiliki garis pantai 6.000 km jadi sangat mungkin kita mencapai target itu,” kata Gubernur.

“Saya sangat gembira di daerah ini ada investasi budidaya udang yang besar sudah ada di tiga kabupaten, Parigi Moutong, Banggai  dan Buol,” kata gubernur.

Gubernur mengharapkan, kekayaan daerah kita ini harus memberikan dampak kepada masyarakat.

“Masa daerah kita kaya banyak masyarakatnya miskin. Saya sudah sampaikan kepada menteri Investasi dan Penanaman modal, supaya membuat regulasi yang memberikan dampak tambang kepada daerah lokasi tambang,” jelas Cudy. (din/*)

Ayo tulis komentar cerdas