SYUKURAN SEDERHANA - Gubernur H. Rusdy Mastura (kiri), bersama unsur Forkopimda usai upacara HUT Ke-75 Bhayangkara secara virtual di Kantor Polda Sulawesi Tengah, Kamis, 1 Juli 2021. Tampak Ketua DPRD Sulteng, Hj Nilam Sari Lawira (tengah) dan Ketua FKUB Sulteng, Prof Zainal Abidin (kanan). (Foto: Adm. Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, bersama unsur Forkopimda mengikuti upacara HUT Ke-75 Bhayangkara secara virtual di Kantor Polda Sulawesi Tengah, Kamis, 1 Juli 2021.

Presiden RI Ir.Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) bertempat di Istana Negara dengan diikuti jajaran kepolisian baik di Mabes Polri, Polda maupun di Polres. Acara dilakukan secara daring karena situasi pandemi Covid-19. 

Setelah pelaksanaan upacara tersebut Presiden Jokowi melakukan dialog dengan beberapa Polda dan Polres jajaran dan dilanjutkan dialog dengan jajaran dan mantan-mantan Kapolri.

Setelah upacara virtual, Gubernur dan Unsur Forkopimda  syukuran secara sederhana. Mengingat, masih fokus menangani pandemi virus corona. 

Peringatan Hari Bhayangkara ke-75 ini mengusung tema ‘Transformasi Polri yang presisi mendukung percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju’.

Presiden berharap agar Polri tidak lengah dan terus memberikan tenaganya di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Saya mengucapkan Selamat Hari Ke-75 Bhayangkara dan juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras jajaran Polri dalam menangani pandemi Covid-19 sekarang ini,” kata Jokowi.

Presiden melihat Polri juga telah bersinergi dengan berbagai macam pihak dalam menjalankan kebijakan pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-19.

“Saya tahu betul, selain menjalankan tugas-tugas utamanya, jajaran Polri telah bersinergi dengan TNI, dokter, dan tenaga kesehatan, dengan kementerian dan lembaga, aparat, pemda, khususnya dinas kesehatan, serta relawan dan aparat pendukung lainnya dalam menangani pandemi ini,” lanjut dia.

Jokowi pun meminta kepada jajaran Polri untuk tidak lengah dan terus menjalankan tugas-tugas pokoknya agar tercipta ketertiban dan keamanan, serta memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Polri jangan lengah dalam menjalankan tugas-tugas pokoknya. Polri jangan pernah lengah dalam memberikan perlindungan, memberikan pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Jokowi meyakini jajaran Polri akan terus berupaya memberikan pengabdian terbaik dalam menjalan tugas kepada rakyat, bangsa, dan negara.

“Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia, teruslah bertransformasi menuju Polri yang presisi menjadi abdi utama nusa dan bangsa,” jelas Jokowi.

Hadir mendampingi presiden dalam acara tersebut antara lain Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (din/*)

Ayo tulis komentar cerdas