Zainudin Zain. (Foto: Dok. Pribadi)

Donggala, Metrosulawesi.id – Kehadiran perusahaan di daerah, dapat  membantu permerintah dalam  meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui terbukanya lapangan pekerjaan baru, yang berimbas pada kesejahteraan masyarakat setempat.

Seperti yang dikatakan, Zainudin Zain, seorang tokoh masyarakat Labuan, kepada media ini, Rabu, 30 Juni 2021.

Dia menjelaskan, saat ini di Desa Labuan Induk, Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, sementara pembangunan konstruksi perusahaan pengantongan semen Conch. Masyarakat Labuan sudah seharusnya turut berpartisipasi dengan mengambil peran menjadi tenaga kerja.

“Jangan hanya menjadi penoton di rumah sendiri. Namun, tentunya harus diimbangi dengan kemampuan atau skill, yang dimiliki agar bisa diterima dan dipekerjakan sesuai kebutuhan perusahaan,” ucapnya.

Zain mengungkapkan, keberadaan perusahaan harus bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungannya dan berkembangnya perusahaan karena ditopang oleh adanya dukungan masyarakat.

Sehingga penting juga sebelum perusahaan berdiri agar dilakukan sosialisasi di ruang publik oleh Pemerintah Daerah agar masyarakat mengetahui dan bisa mempersiapkan diri jika terdapat perekrutan tenaga kerja.

“Kami meminta peran pemerintah harus berpihak dengan mendorong perusahaan  agar memberdayakan masyarakat lokal, sehingga masyarakat memiliki harapan dan bila perlu pemerintah memfasilitasi masyarakat untuk dilakukan pembinaan dan pelatihan  agar siap terjun di dunia kerja,”harapnya. “Namun, kendati demikian masyarakat harus tetap bisa menjaga suasana aman agar tercipta iklim usaha yang bagus,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas