BERI SAMBUTAN - Wagub Sulteng, Ma’mun Amir saat memberikan sambutan. (Foto: Adm. Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Wagub Sulteng, Ma’mun Amir mengatakan, pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan menjadi salah satu prioritas. “Kebijakan kami bersama gubernur bahwa pembangunan Infrastruktur yang mendukung produktifitas ekonomi masyarakat,” katanya saat membuka Rakor Penanggulangan Kemiskinan Daerah dan Reformasi Birokrasi di kantor Bappeda, Selasa 29 Juni 2021.

Hal yang kedua katanya, Bantuan Langsung Tunai (BLT) masyarakat. Kedepan kata Ma’mun akan dilakukan evaluasi. BLT dapat diberikan untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat atas keahlian yang dimiliki.

Program ketiga yang menjadi prioritas adalah peningkatan pembangunan kabupaten dengan dukungan Rp100 miliar untuk masing -masing kabupaten dan kota. 

“Pemanfaatannya kedepan untuk program prioritas sesuai dengan Musrenbang Kab/Kota dan prioritas pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah,” jelasnya.

Keempat lanjut Wagub, percepatan Pembentukan Daerah Otonom Baru. Seperti pembentukan kota di beberapa daerah yang memiliki potensi. Misalnya, pembentukan Kota Luwuk, Kota Poso dan Kota Parigi.

“Kalaupun saat ini ada moratorium untuk pemekaran, tetapi perlu kita lakukan feasibility study,” jelasnya.

Kelima, mempercepat penyelesaian masalah separatis  Poso dengan pendekatan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat Poso.

“Kami mengharapkan kita menyelesaikan masalah harus berbasis kepentingan masyarakat,” ujarnya.

“Filosopi yang menyatakan kalau burung bisa kita tembak dengan katapel, kenapa kita harus tembak dengan mariam. Filosopi ini yang kita pakai untuk menyelesaikan masalah yang ada,” pungkasnya. (din/*)

Ayo tulis komentar cerdas