KUNJUNGAN - Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi berjanji akan membuka akses jalan warga yang menghubungkan Kecamatan Soyo Jaya dan Kecamatan Mori Atas. (Foto: Istimewa)

Morut, Metrosulawesi.id – Demi memudahkan akses dan mobilisasi barang Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi berjanji akan membuka akses jalan warga yang menghubungkan Kecamatan Soyo Jaya dan Kecamatan Mori Atas.

Melintasi Desa Tudopuli Uebangke, Soyo Jaya dan Dusun Bencue, Desa Peleru, Mori Utara lalu ke Desa Tomata Mori Atas. Bupati akan berupaya meningkatkan kualitas jalan diwilayah itu untuk menghubungkan kedua Kecamatan demi memangkas jarak perjalanan warga agar lebih cepat mengakses Ibukota di Kolonodale.

Hal tersebut untuk menjawab keinginan sebagian besar masyarakat setempat agar dibukakan akses jalan yang memadai, sebab jalur ini diperkirakan akan menjadi akses baru sebagai urat nadi Ekonomi warga setempat yang bergantung pada hasil pertanian Kakao dan Nilam.

“Insya Allah jalan Soyo Jaya ini kami akan teruskan sampai Tomata, sudah tidak ada sinyal (telepon) jalannya rusak lagi,” ujarnya.

Selama ini warga setempat sangat kesulitan untuk menjual hasil pertanian mereka. Kalaupun terjual, hanya akan dibeli oleh para tengkulak dengan harga yang relatif lebih murah. Selain itu, adapula warga yang menjual hasil pertanian mereka ke Kota Poso atau Kota Kolonodale, namun harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk biaya transportasinya.

Meski masa tugasnya yang singkat sebagai Bupati Morowali Utara, bersama Wakil Bupati Djira K, ia berupaya semaksimal mungkin untuk menjawab semua keinginan warga setempat sesuai dengan apa yang sudah dijanjikannya.

Selain jalan, Bupati Delis juga menjanjikan pada tahun 2021, seluruh warga Morowali Utara akan mendapatkan Kartu BPJS Kesehatan yang dibiayai APBD Perubahan untuk memudahkan masyarakat memperoleh pembiayaan layanan kesehatan secara Gratis, sesuai dengan Visi dan Misinya Morowali Utara sehat dan sejahtra. Hal tersebut disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja di Desa Bau, Kecamatan Soyo Jaya bersama Kapolres Morowali Utara AKBP Ade Nuramdani, Wakil Bupati Djira K, Ketua TP PKK Febrianty HDI Hehi, Wakapolres Kompol Nur Asjik dan sejumlah kepala OPD dan Camat Soyo Jaya, Minggu (27/6).

Reporter: Alekson Waeo
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas