RAPAT FORKOPIMDA - Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura (kiri) didampingi wakilnya Ma’mun Amir memimpin rapat Forkopimda di ruang kerjanya, Selasa 22 Juni 2021. Tampak Ketua DPRD Sulteng, Hj Nilam Sari Lawira (tengah), Kajati Jacob Hendrik (kanan) serta unsur Forkopimda lainnya. (Foto: Adm. Pimpinan)
  • Hari Kedua, Rusdy Mastura Pimpin Rapat Forkopimda

Palu, Metrosulawesi.id – Hari kedua berkantor, Gubernur H Rusdy Mastura langsung menggelar rapat Forkopimda (Forum Pimpinan Daerah) plus di ruang kerja gubernur, Selasa 22 Juni 2021. Ada banyak hal yang dibahas dalam rapat tersebut. Mulai soal penanganan bencana hingga Covid-19.

Rapat tersebut dihadiri semua unsur Forkopimda. Yakni: Ketua DPRD Hj Nilam Sari, Kapolda Irjen Pol Abdul Rakhman Baso, Danrem Brigjen TNI Farid Makruf, Kepala Kejati Jacob Hendrik Pattipeilohy dan Wakil Gubernur Ma’mun Amir serta undangan lainnya.

Gubernur Rusdy dalam arahannya mengajak untuk fokus pada program kerja. Pertama katanya, menyelesaikan pemulihan dampak bencana.

“Saya mau jadi gubernur, tujuan saya adalah bagaimana memulihkan dampak bencana yang terjadi,” katanya.

“Saya saat ini sudah faham bahwa penanganan bencana belum tertangani dengan serius. Dan kalau ada pelanggaran yang terjadi, saya minta untuk dapat dilakukan proses dengan baik. Saya minta janganlah kita menari-nari di atas penderitaan rakyat,” tambah gubernur.

Hal kedua lanjut gubernur, pada saat dia dan wakil gubernur dilantik, Presiden Jokowi berpesan agar mempercepat penanganan Covid-19.

“Saya diberikan petunjuk langsung oleh bapak Presiden untuk mempercepat penaganan Covid-19. Penangan covid harus kita tangani dengan sangat serius,” kata gubernur.

Hal ketiga pesan gubernur, seluruh permasalahan yang ada harus selesaikan dengan kebersamaan, baik secara formal dan informal.

“Saya sangat bangga bahwa unsur Forkopimda semuanya sangat kompak untuk bersama-sama untuk membangun daerah ini. Karena seluruh unsur Forkopimda diberikan tugas oleh Negara untuk mengamankan peningkatan investasi di Sulawesi Tengah dan meningkatkan pembangunan Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Setelah memberikan arahan, Gubernur Rusdy kemudian memberikan kesempatan kepada seluruh unsur Forkopimda untuk bicara, termasuk untuk menyampaikan kondisi yang berkembang sesuai dengan fungsi masing–masing.

Kapolda Abdul Rakhman Baso menyampaikan bahwa dari segi keamanan Sulteng dalam kondisi yang kondusif. Terkait dengan dukungan penanggulangan Covid-19, Polda terus melakukan pendisiplinan masyarakat, dan mendukung program vaksinasi sesuai dengan target Nasional.

Selanjutnya Danrem 132 Tadulako, Farid Makruf juga meyampaikan hal senada. Danrem mengatakan kondisi teritorial Sulteng dalam keadaan baik. Dan sebagai Satgas rehab dan rekon dampak bencana Sulawesi Tengah, Farid mengaku sangat bersyukur Gubernur turun langsung untuk mempercepat pemulihan dampak bencana Sulawesi Tengah.

“Pemerintah harus segera menyediakan lahan untuk lokasi pembangunan Huntap (hunian tetap). Dan perlu untuk melakukan validasi data dampak bencana,” kata Danrem.

Kajati Jacob Hendrik menyampaikan, akan memberikan dukungan tehadap percepatan untuk berinvestasi di Sulawesi Tengah. Pihaknya sangat sependapatan dengan pemikiran dari gubernur, bahwa ketersediaan anggaran sangat memengaruhi suksesnya pelaksanaan pembangunan di daerah ini.

Ketua DPRD Nilam Sari Lawira mengaku sudah banyak menerima masukan tentang percepatan penanganan Poso.

“Namun dari segi fiskal kita saat ini belum memadai. Mudah-mudahan melalui APBD-P bisa dialokasikan anggarannya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Nilam meminta agar singkronisasi RPJMD disegerakan, supaya rencana pembangunan yang akan dilakukan pemerintah daerah bisa fokus. Demikian juga terkait dengan dengan penanganan bencana agar segera diselesaikan perubahan RT/RW.

Di akhir rapat Forkopimda itu, Gubernur Rusdy kembali mengungkapkan rasa syukurnya atas kebersamaan Forkopimda dalam membangun Sulteng.

“Saya hanya memiliki mimpi-mimpi untuk membangun Sulawesi Tengah. Mari kita wujudkan bersama mimpi tersebut menjadi kenyataan,“ tutup gubernur.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas