PERTEMUAN - Tim Kandidat Calon Ketua Umum KONI Sulteng, Anjas Lamatata, saat melakukan pertemuan dengan Ketua Umum KONI Sulteng, Anwar Ponulele. (Foto: Metrosulawesi/ Muhammad Faiz Syafar)
  • Kenetralan TPP KONI Sulteng Dipertanyakan

Palu, Metrosulawesi.id – Permasalahan terjadi ketika penyelenggaraan rapat pleno penetapan Ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Tengah di Kantor KONI Sulteng, Minggu 20 Juni 2021.  

Hal itu meluap lantaran Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) selaku panitia yang melaksanakan rapat pleno tersebut memutuskan salah satu kandidat calon Ketua Umum KONI Sulteng, Anjas Lamatata tak dimasukkan atau tak lolos dalam penetapan pleno itu.

Sementara itu, dikatakan Siti Djulaiha yang menjabat sebagai Bidang Verifikasi Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) KONI Sulteng,  tim TPP meloloskan dua kandidat lainnya yaitu Dani Samsu Wawolumaja dan Nizar Rahmatu.

Tetapi kata wanita yang akrab disapa Nona ini mengatakan, tim TPP KONI Sulteng tidak mengklarifikasi lebih lanjut apa alasan yang mendasari kandidat Anjas Lamatata tak diloloskan dalam bursa pemilihan Ketua Umum KONI Sulteng masa bhakti tahun 2021-2025.

Soal dukungan, ungkap Nona,  11 Pemprov dan 3 KONI Kabupaten sudah dipenuhi oleh kandidat Anjas Lamatata

“Padahal pada hari Jumat tanggal 16 Juni 2021 kemarin tim kandidat Anjas Lamatata mengatakan mereka telah menyerahkan dua kekurangan syarat Pemprov yang totalnya 11 itu jadi syarat lolos, dan ditandatangani oleh Ketua TPP Dr. Edison,” bebernya kepada Metrosulawesi.id, Minggu sore.

Ketidajelasan dan tidak netralnya TPP KONI Sulteng dalam menyelenggarakan rapat pleno itu, membuat Nona serta salah satu rekan sebidangnya, yakni Dr. Hamzah mengundurkan diri dalam TPP KONI Sulteng.

Menanggapi ketimpangan tersebut, tim kandidat calon Ketua Umum KONI Sulteng periode 2021-2025 menemui Ketua KONI Sulteng saat ini,  Anwar Ponulele.

Di sela-sela pengaduan tersebut, Anwar menegaskan tetap meloloskan tiga calon kandidat yang telah mendaftarkan diri.

 “Kenapa bisa begini kejadiannya? Sudah kalau begini saya akan loloskan tiga-tiganya saja. Jangan bikin ribut begini,” tegas Anwar menilai kinerja TPP KONI Sulteng.

Namun penetapan hasil rapat pleno itu akan dikukuhkan keesokan harinya, Senin 21 Juni 2021 yang langsung ditandatangani oleh Anwar Ponulele selaku Ketua Umum KONI Sulteng aktif.

Rapat pleno itu dilakukan menjelang pemilihan suara Calon Ketua Umum KONI Sulteng periode 2021-2025 yang dilaksanakan tanggal 25, 26, 27 Juni mendatang di Hotel Best Western Kota Palu. (*)

Reporter: Muhammad Faiz Syafar

Ayo tulis komentar cerdas