Home Ekonomi

Investor Pasar Modal Tembus 21.480 Orang

Kantor Perwakilan BEI Sulawesi Tengah yang berlokasi di Kota Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Pataruddin)

Palu, Metrosulawesi.id – Sampai dengan Mei 2021, Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatatkan bahwa sebanyak 21.480 orang telah masuk menjadi investor pasar modal di Sulawesi Tengah.

“Angka itu mengalami kontraksi kenaikan sebesar 168 persen, membandingkan dengan Mei 2020,” Demikian dikatakan Kepala Kantor BEI Sulteng, Dendy Faizal Amin, belum lama ini.

Ia menyebutkan hal itu mengalami penambahan sekitar 13.480 investor baru yang cukup besar. Diungkapkan, sepanjang Mei 2021 juga untuk Kota Palu menduduki peringkat pertama dengan jumlah investor sebesar 7.701, disusul Kabupaten Banggai diurutan kedua sebesar 2.167.

“Sedangkan di urutan ketiga Kabupaten Parigi Moutong dengan total investor sebanyak 1.563 investor, sisanya kabupaten-kabupaten lain,” ungkapnya.

Dendy menjelaskan khusus untuk transaksi saham yang terjadi selama Mei 2021 yakni sebesar Rp265.000.000 yang didominasi oleh Kota Palu dengan nilai transaksi sebesar 108 juta.

“Dan, Kabupaten Toli-Toli di urutan kedua dengan nilai transaksi sebesar 106 juta, Kabupaten Banggai di urutan ketiga dengan nilai transaksi sebesar 19 juta untuk bulan Mei 2021,” katanya.

Sementara itu m, BEI Sulteng terus melakukan upaya memasyarakatkan pasar modal untuk masyarakat Sulawesi Tengah sebagai alternatif investasi yang diawasi oleh regulator dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan.

“Kami terus mendorong hal tersebut untuk memproteksi masyarakat terhindar investasi bodong tersebut. Jadi, ketika melakukan investasi pasar modal BEI, dapat dipastikan investor terhindar dari investasi bodong,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas