PELAYANAN - BPJS Kesehatan berupaya mengurangi tatap muka dengan menyiapkan aplikasi Mobile JKN, Pandawa, Chika atau Vika. (Foto: Metrosulawesi/ Syamsu Rizal)
  • BPJS Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

Palu, Metrosulawesi.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Palu mendorong masyarakat memanfaatkan kanal layanan non tatap muka di masa pandemi Covid-19. BPJS telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk memudahkan peserta atau calon peserta. Bahkan, bisa melakukan skrining penyakit melalui aplikasi Mobile JKN.

“Kami sekarang mengedepankan digitalisasi di masa pandemi Covid-19 ini. Kami berupaya mengurangi layanan tatap muka di kantor,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palu, Wahidah di Palu, Rabu 16 Juni 2021.

Peserta atau calon peserta JKN-KIS bisa mendapatkan layanan melalui aplikasi Mobile JKN atau berkomunikasi dengan Pandawa, Chika atau Vika. Sehingga tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Vika (Voice Interactive JKN) dalah pelayanan informasi menggunakan mesin penjawab. Jika butuh informasi tentang status tagihan dan status kepesertaan bisa menghubungi Vika di nomor telepon 1500 400. Setelah terhubung, tekan angka 1 untuk pengecekan status kepesertaan atau angka 2 untuk pengecekan status tagihan.

Selanjutnya layanan lainnya adalah Chika (Chat Assistant JKN) merupakan pelayanan informasi melalui obrolan (chatting) yang akan direspons oleh Artificial Inteligence. Peserta chat melalui nomor 08118750400 untuk mendapatkan informasi terkait status kepesertaan dan tagihan iuran peserta, manfaat dan prosedur pelayanan kesehatan program JKN-KIS, prosedur pendaftaran peserta porgram JKN-KIS, prosedur dan ketentuan perubahan data peserta, lokasi fasilitas kesehatan, dan lokasi kantor BPJS Kesehatan.

Melalui Chika, bisa melakukan pendaftaran dan perubahan data peserta yang terhubung dengan aplikasi Mobile JKN. Selain itu, live chat dengan BPJS Kesehatan Care Centre 1500 400.

Sedangkan nomor Pandawa atau Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp bisa menghubungi 085251322688. Nomor ini khusus untuk wilayah kantor cabang Palu yakni Sigi, Donggala, Parigi Moutong, Poso, Buol, Tolitoli dan Kota Palu. Layanan Pandawa dibuka Senin sampai dengan Jumat, kecuali hari libur nasional. Peserta bisa menghubunbgi nomor tersebut pada pukul 08.00-15.00 Wita (istirahat pukul 12.00-13.00).

Wahidah mengatakan, layanan non tatap muka ini dimaksudkan sebagai upaya mencegah risiko penularan Covid-19. Layanan lainnya yang mudah adalah Mobile JKN. Aplikasi ini bisa dengan mudah didownload melalui play store pada ponsel pintar. Berbagai kemudahan disediakan dalam aplikasi tersebut.

Deteksi Risiko Penyakit

Salah satu layanan Mobile JKN adalah mendeteksi risiko penyakit secara mandiri.

“Skrining riwayat kesehatan ini tujuannya mendeteksi penyakit sehingga peserta dapat mengetahui ada risiko penyakit tertentu,” kata Wahidah.

Jika peserta dengan hasil skrining kesehatan risiko sedang dan tinggi, maka akan disarankan untuk mengunjungi FKTP untuk dilakukan skrining lanjutan oleh FKTP.

Wahidah menjelaskan, peserta yang mempunyai resiko penyakit diabetes melitis tipe 2, hipertensi, kanker leher rahim, kanker payudara dan penyakit lain yang ditetapkan oleh Kemenkes dapat memperoleh pelayanan penapisan atau skirining kesehatan tertentu di FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama).

Nantinya, di FKPT akan dilakukan pemeriksaan GDP dan GDPP untuk DM tipe 2, pemeriksaan TD untuk HT, pemeriksaan IVA dan papsmear untuk penyakit kanker leher rahim, serta pemeriksaan payudara secara klinis untuk penyakit kanker payudara.

Selanjutnya, peserta yang berdasarkan hasil pemeriksaan menunjukkan hasil positif menderita penyakit diabeter melitus tipe 2 atau penyakit hipertensi, direkomendasikan untuk mengikuti Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis).

“Skrining secara mandiri bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN atau jika tidak melalui Mobile JKN bisa juga melalui website https://webskrining.bpjs-kesehatan.go.id/skrining/index.html,” jelasnya.

Reporter: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas