Home Palu

Singgih: Baru 80 Persen Dana Stimulan Tersalurkan

Singgih Budi Prasetyo. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Penyaluran dana stimulan tahap terakhir, yang jumlahnya sebanyak 21 ribu lebih penerima dana stimulan tersebut, yang sudah tervalidasi sebanyak 17 ribu. Jika dipresentasekan yang sudah tersalurkan mencapai 80 persen.

Demikian dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, Singgih Prasetyo, saat dihubungi Metro Sulawesi melalui ponsel, Kamis, 17 Juni 2021.

“Tetapi insya allah pekan depan ini semua yang sebanyak 17 ribu penerima stimulan itu, sudah selesai. Ini dari sisi penyaluran, namun dari sisi pemberkasan itu sudah mencapai 100 persen, hanya saja tinggal penyaluran lagi proses,” kata Singgih.

Namun, Singgih memastikan, di pekan depan 17 ribu itu selesai semua disalurkan dana stimulannya.

“Saya mengimbau bagi penerima dana stimulan, agar dana itu harus digunakan betul-betul untuk perbaikan rumah, kemudian harus dipertanggungjawabkan. Kemudian buktinya disetor ke BPBD, kalau tidak nanti akan menjadi tanggungjawab masing-masing penerima,” ujarnya.

Singgih mengaku, saat ini masih banyak warga yang tidak bertanggungjawabkan, dan warga itu langsung diberikan teguran tertulis.

“Semoga dengan sosialisasi yang dilakukan selama ini, masyarakat bisa lebih perhatian karena itu uang negara yang harus dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Kata Singgih, bagi yang mengunakan dana stimulan itu untuk hal-hal lainya, maka itu tanggungjawab masing-masing. Yang pasti bahwa rumahnya harus selesai dikerjakan dan buktinya juga harus ada.

Sebelumya, Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dalam rapat evaluasi 100 hari masa kerja di ruang rapat Bantaya Jl Balai Kota, Palu pada Selasa 15 Juni lalu, klaim sudah memenuhi janjinya menyelesaikan dana stimulan dalam 100 hari masa kerjanya bersama Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido.

Hadianto Rasyid menyebutkan saat ini penerimaan dana stimulan sudah mencapai 100 persen. Dia menyebut, sebanyak 21.014 penerima dana stimulan tahap 2 lanjutan bulan Maret hingga Juni 2021 sebanyak 21.014 selesai.

“Semua penerima telah terdaftar dalam SK dengan jumlah grafik 100 persen, Insya Allah minggu ini semua data yang 100 persen ini masuk ke rekening penerima dana stimulan,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas