Home Palu

Prioritaskan Penanganan Covid dan Lapangan Kerja

Irwan Waris. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Harapan Akademisi untuk Gubernur Baru Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Sulawesi Tengah resmi dipimpin Gubernur dan Wakil Gubernur baru, H Rusdi Mastura dan H Ma’mun Amir. Keduanya telah dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Sulteng di Istana Negara, Rabu, 16 Juni 2021.

Berbagai harapan dialamatkan kepada Rusdi Mastura yang akrab disapa Cudy dengan pasangannya Ma’mun. Akademisi Universitas Tadulako (Untad), Dr Irwan Waris M.Si, meyakini duet mantan Wali Kota Palu dan Bupati Banggai itu akan membawa Sulawesi Tengah sejajar dengan provinsi maju lainnya.

“Saya yakin dua pemimpin ini akan selalu akur membawa Sulteng semakin maju. Sudah semestinya kita maju karena Sulawesi Tengah kaya,” ucap Irwan, Rabu, 16 Juni 2021.

Dia mengharapkan Cudy dan Ma’mun dalam 100 hari kerja memprioritaskan penanganan pandemi Covid-19 dan penyediaan lapangan kerja. Dua hal itu menurutnya menjadi hal yang mendesak perlu ditangani.

“Gubernur harus punya kebijakan yang bisa diikuti semua pihak agar Covid-19 bisa diatasi, bukan seperti sekarang ini. Sekarang ini seolah-olah tidak ada Covid kalau kita jalan di Kota Palu, paling tidak 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) tidak kelihatan,” ujar Dosen FISIP Untad itu.

Kata Irwan, Gubernur Cudy perlu mengeluarkan kebijakan yang keras untuk diikuti Bupati/Wali Kota di daerah ini. Tujuannya untuk menuntaskan penanganan virus corona di Sulawesi Tengah.

Semua jajaran instansi daerah harus diturunkan bersama-sama menyelesaikan penyebaran Covid-19. Sebab menurutnya, penanganan corona saat ini terlihat kendor di wilayah Sulawesi Tengah.

Terkait pentingnya menyiapkan lapangan kerja, Irwan menyebut saat ini ada banyak orang, khususnya penyintas bencana 28 September 2018, kehilangan mata pencaharian. Masyarakat untuk sekadar memenuhi kebutuhan pokok dalam kondisi memilukan.

“Kita berharap pak gubernur dan wakilnya bisa membuat kebijakan yang pro rakyat agar tenaga kerja kita tuan di negeri sendiri. Saya kira pak gubernur juga bisa menghidupkan KEK (kawasan ekonomi khusus) karena pada ujungnya untuk penyerapan tenaga kerja,” ungkap Irwan.

Untuk jangka panjang, Irwan juga mengaharapkan Cudy bisa memaksimalkan berbagai potensi sumber daya alam yang berlimpah di Sulawesi Tengah. Dicontohkan sektor pertambangan yang harus dioptimalkan untuk mendongkrak pendapatan asli daerah. Dengan PAD yang kuat bisa digunakan untuk program-program pengentasan kemiskinan daerah.

Irwan menambahkan gubernur juga wajib memperhatikan kesejahteraan masyarakat di desa-desa dengan intervensi pemberian bantuan sosial dan kebutuhan pertanian seperti pupuk. Dikatakan, dari semua harapan tersebut, dukungan semua pihak menjadi hal penting untuk mendukung jalannya pemerintahan yang dipimpin Cudy dan Ma’mun Amir.

“Kita sadar tanggung jawab berbagai problem yang dihadapi masyarakat di pundak gubernur dan wakil gubernur sungguh berat. Oleh karena itu, mari kita dukung, demikian juga dengan kepala daerah kabupaten/kota harus seitin sejalan dengan pak gubernur dan wakil gubernur. Tentu juga OPD yang dimpimpin harus mendukung sepenuh-penuhnya,” pungkas Irwan.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas