Home Nasional

“Jangan Lupa Janji Politik”

USAI PELANTIKAN - Ketua DPRD Sulteng, Hj Nilam Sari Lawira (kanan) foto bersama Gubernur Rusdy Mastura usai pelantikan gubernur Sulteng di Istana Negara Jakarta, Rabu 16 Juni 2021. (Foto: Istimewa)
  • Pesan Ketua DPRD Sulteng ke Gubernur
  • Cudi: Tiga Tugas Yang Harus Diselesaikan

Jakarta, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura mengatakan, setidaknya ada tiga tugas yang harus segera diselesaikan di Sulteng.

“Insyaallah tugas kami terutama menyelesaikan persoalan covid, seperti yang disampaikan oleh bapak Presiden tadi (kemarin,red), dan menyelesaikan masalah pasca bencana, itu tugas kami pertama. Dan bagaimana kami bisa menentaskan kemiskinan,” kata Rusdy didampingi wakilnya, Ma’mun Amir sesaat setelah dilantik sebagai Gubernur di Istana Negara, Rabu 16 Juni 2021.

Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng periode 2021-2024 itu, dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Selain dihadiri empat menteri, pelantikan itu juga dihadiri Ketua DPRD Sulteng, Hj Nilam Sari Lawira, serta istri/pendamping dari gubernur dan wakil gubernur.

Setelah dilantik, Cudi sapaan Rusdy Mastura langsung menyampaikan tugas utama yang harus dikerjakan bersama wakilnya. Mantan Wali Kota Palu dua periode itu setidaknya menyebut ada tiga tugas yang harus segera diselesaikan di Sulawesi Tengah.

Untuk diketahui, pasca bencana 28 September 2018 di Sulawesi Tengah memang masih meninggalkan sejumlah persoalan. Di antaranya, terkait penyediaan hunian tetap bagi para penyintas.

Sementara terkait kemiskinan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tengah, jumlah penduduk miskin mencapai 403,74 ribu atau sekitar 13,06 persen dari total jumlah penduduk daerah ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Sulteng, Hj Nilam Sari Lawira mengingatkan agar Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura – Ma’mun Amir tidak lupa akan janji politik mereka saat berkampanye, ketika hendak maju dalam pemilihan kepala daerah.

“Pertama-tama tentu saya ingin mengucapkan selamat atas pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilantik pada 16 Juni 2021,” kata Nilam mengawali pernyataannya menjawab pertanyaan Metrosulawesi.

“Rakyat Sulawesi Tengah yang sudah memberi kepercayaan tentu menaruh harapan besar bahwa akan ada perubahan untuk Sulawesi Tengah yang lebih maju dan sejahtera sesuai visi dari guberenur terpilih, yaitu gerak cepat menuju Sulteng yang lebih sejahtera dan lebih maju,” jelasnya.

Kata dia, untuk pencapaian visi tersebut dalam kurun waktu yang relatif singkat, yaitu periode 2021-2024, tentu diperlukan sensitivitas kerja cepat dan tepat yang luar biasa dalam menyelesaikan berbagai masalah, dan harus segera memperbaikinya jika terjadi kekeliruan, kemudian mencari solusi.

“Terutama tentu harus melaksanakan janji-janji yang telah disampaikan selama safari politik pada masa kampanye. Dan tentu ini akan menjadi ladang amal ibadah, jika janji-janji tersebut terlaksana. Seluruh rakyat Sulteng tentu akan menagih janji-janji itu,” tandasnya.

Ketua DPRD Sulawesi Tengah itu juga mengingatkan Gubernur dan Wakil Gubernur, dalam bekerja ada target indikator visi, antara lain, laju pertumbuhan ekonomi, laju inflasi, PDRB, IPM, pemerataan pembangunan, dan tingkat penganguran terbuka.

“Kesemuanya itu bisa tercapai, terlampaui atau bahkan tidak tercapai,” katanya.

Menurut Nilam, semua itu merupakan tantangan untuk bisa meraih pencapaian yang tentu dibutuhkan strategi dan arah kebijakan program, kegiatan, sub kegiatan yang tepat dan sesuai dengan nomenklatur yang ada dalam regulasi.

“Itulah yang harus dilakukan dalam mencapai kinerja pembangunan. Dan tentu DPRD akan mengapresiasi setiap usaha untu pencapaiannya dan akan mengoreksi dan mengingatkan jika ada kekeliruan sesuai fungsi kelembagaan DPRD,” pungkas Nilam.

Reporter: Tahmil Burhanuddin
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas