Home Palu

175 Mata Kuliah untuk Program Permata

Prof Dr Ir Amar Ali Akbar, ST MT. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Koordinator Pusbang Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Tadulako (MBKM Untad), Dr Anang M Diah M.Si Ph.D, mengungkapkan sedang dilakukan pendataan mahasiswa pendaftar Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (Permata) Merdeka sampai 27 Juni mendatang.

“Ada 175 mata kuliah yang bisa didaftar mahasiswa terkait program pertukaran nanti. Kita akan melakukan sosialisasi kepada mahasiswa dengan harapan banyak yang akan mendaftar,” ujar Anang saat Monitoring dan Evaluasi Program Permata Merdeka Tahun Akademik 2020/2021 di Palu, Selasa, 15 Juni 2021.

Dia mengatakan kegiatan serupa telah dilaksanakan diikuti oleh mahasiswa dan digelar secana online serta luring pada 27 Mei 2021. Evaluasi kali ini khusus untuk para dosen yang terlibat dalam program tersebut.

“Beberapa poin yang disampaikan mahasiswa melalui media koesioner pada 27 Mei, mahasiswa merasa sangat puas meski ada beberapa yang masih kurang dari sisi jaringan. Ada 53 mata kuliah dan 97 mahasiswa kita tengah melakukan outbond (mengambil mata kuliah ditempat lain) dan ada 247 mahasiswa yang indoor kepada kita,” ucapnya.

“Saat ini adalah semester teakhir dan meskipun nilai belum keluar, penting untuk kita dalam memberikan penilaian. Kami telah membuat format untuk menunjang hal tersebut. Ada beberapa perubahan terkait kampus merdeka dan kita akan melaunching sistem pertukaran mahasiswa tadulako pada semester depan. Web MBKM Untad juga sudah ada dengan informasi lengkap didalamnya,” tambah Anang.

Sementara itu, Prof Dr Ir Amar ST MT, selaku Wakil Rektor Bidang Kerjasama Untad menuturkan agar melalui ini monitoring dan evaluasi dapat mengukur capaian-capaian program Permata.

“Program Pertukaran Mahasiswa ini dibagi dalam tiga kawasan yakni kawasan timur, tengah dan barat untuk seluruh mahasiswa kita sehingga terjadi pertukaran ilmu. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan wawasan mahasiswa dan cinta tanah air melalui pengenalan berbagai budaya. Dengan begitu mahasiswa makin meningkat rasa bhineka tunggal ika-nya,” ungkapnya.

Prof Amar mengucapkan terima kasih kepada dosen dan semua pihak yang telah mengambil bagian dan berpartisipasi dalam menyukseskan program Program Permata Merdeka Tahun Akademik 2020/2021.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas